Home / Kota Palembang / Peringati Hari Rabies, Pemprov Sumsel Gelar Vaksinasi Hewan Gratis

Peringati Hari Rabies, Pemprov Sumsel Gelar Vaksinasi Hewan Gratis

Palembang,newshanter.com – Memperingati hari rabies sedunia (World Rabies Day) yang setiap tahunnya diperingati setiap tanggal 28 September pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) menggelar vakinasi hewan peliharaan secara gratis di Rumah Sakit Hewan provinsi Sumsel, Selasa (28/9/2021).

Sekretaris Daerah provinsi Sumatera Selatan Suman Asra Supriyono menghimbau kepada masyarakat akan penyakit rabies.

“Perlunya sosialisai kepada masyarakat terkait penyakit rabies. Dengan hari Rabies Sedunia ini masyarakat diingatkan bahwa ada penyakit yang tersembunyi di hewan peliharaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DKPP Provinsi Sumatera Selatan Ruzuan Efendi mengatakan dalam rangka memperingati hari rabies sedunia dari pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk memberikan vaksin gratis bagi hewan peliharannya.

“Pemberian vaksin gratis ini terbatas sampai sebulan dimulai dari 15 September. Tahun ini saja sampai bulan September ini kita sudah melayani lebih kurang 2.600 hewan yang di vaksin, yakni vaksin rabies ataupun vaksin biasa,” ujarnya.

Disisi lain, Kepala Rumah Sakit Hewan Provinsi Sumsel Mahfudhon mengatakan rabies itu menyerang pada susunan syaraf pusat manusia. Jadi setelah beberapa hari masa inkubasi, masa inkubasi itu bervariasi dari tujuh hari sampai beberpa bulan.

“Misalnya ada kasus orang tergigit anjing. Anjingnya di observasi dulu, masa observasi kurang lebih sepuluh hari anjing tadi mati dipastikan orang yang tergigit itu terkena rabies. Rabies ini merupakan penyakit yang sangat akut dan mematikan,” terangnya.

Ia menambahkan, kenapa penyakit rabies ini sulit diberantas karena disekitar kita masih banyak anjing liar. Di Indonesia baru ada 8 provinsi yang terbebas dari rabies yakni kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, DKI Jakarta, Papua, dan Papua Barat.

“Untuk di Sumsel langkah yang diambil untuk mengurangi rabies, tiap tahun dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan melakukan vaksinasi. Vaksinasi harus mencakup minimal tujuh puluh persen dari populasi. Kemudian sosialisasi kepada masyarakat karena masih ada masyarakat yang belum sadar kalau penyakit rabies ini adalah penyakit yang mematikan,” pungkasnya. (vina)

 

 

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Ditresnarkoba Polda Riau Kembali Ungkap Jaringan Internasional Dengan Barang Bukti 81 Kg Shabu

PEKANBARU,newshanter.com – Aparat kepolisian dari Subdit I Ditresnarkoba Polda Riau, kembali melakukan ...