Home / Advertorial / Walikota Pekanbaru Luncurkan Lima Unit Bus Vaksinasi Keliling

Walikota Pekanbaru Luncurkan Lima Unit Bus Vaksinasi Keliling

PEKANBARU,newshanter.com – Mendukung Program percepatan pelaksanaan vaksinasi massal secara menyeluruh, Wali kota Pekanbaru DR H Firdaus ST ,MT gelar pelepasan Armada bus vaksinasi keliling di Halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru pada Kamis (27/5/202).

Lima armada bus vaksinasi covid-19 keliling diluncurkan secara reguler, rencana bus ini mulai beroperasi secara penuh pada akhir pekan. Bus ini tahap awal berjumlah lima unit untuk mendukung percepatan vaksin secara reguler dan di lokasi khusus, Armada bus vaksinasi keliling memiliki tim kesehatan yang melakukan vaksinasi secara mobile. Keberadaan bus ini merupakan inovasi ini untuk menjangkau vaksin bagi seluruh masyarakat.

Berapa waktu lalu walikota Pekanbaru juga jelaskan bahwa pemko Pekanbaru menerima 50.000 dosis vaksin Sinovac sesuai ucapan Presiden Joko Widodo pada 19 Mei 2021 lalu. Dengan vaksin sebanyak ini maka Pemko Pekanbaru menggelar vaksinasi massal di delapan lokasi, dua di antaranya sudah dimulai hari ini, Sabtu (22/5)

“Untuk 50.000 dosis sesuai perintah Presiden, vaksinnya sudah diterima Pemprov Riau kemarin sore. Rinciannya, 50.000 dosis untuk Pekanbaru dan 50.000 dosis untuk Kota Dumai,” kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus usai rapat tindak lanjut arahan presiden dan gubernur Riau dalam rangka percepatan vaksinasi massal di Ruang Rapat Multimedia Mal Pelayanan Publik (MPP) pada Sabtu lalu, vaksinasi massalnya sudah dimulai hari ini. Vaksinasi massal digelar di dua tempat, Hotel Furaya dan Hotel Novotel. Target vaksinasi massal sekitar 5.500 orang hari ini.

“Vaksinasi massal ini kami gelar selama tujuh hari. Berarti ada sekitar 45.000 orang lagi divaksin,” ungkap Firdaus.

Besok, vaksinasi massal digelar di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani, Puskesmas Rejosari, Gedung Guru Kota Pekanbaru di Jalan Arifin Ahmad, Gedung Serbaguna di dalam Kawasan Perumnas Rumbai (di belakang Mapolsek Rumbai, Jalan Sekolah).

“Jadi, kami membagi lokasi vaksinasi massal ini per zona,” ujar Firdaus.

Nanti, ada juga vaksinasi massal di Gedung Pertemuan Sopo Godang HKBP di Jalan Hangtuah. Lokasi vaksinasi massal kemungkinan di Kampus Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska).

“Harapan kami, 45.000 orang tahap pertama ini bisa selesai divaksin dalam sepekan,” harap Firdaus

dalam hal tersebut firdaus mengatakan,” bahwa keberadaan bus vaksinasi keliling di luncurkan secara reguler untuk mengoptimalkan pemberian vaksin bagi masyarakat. Bus ini nantinya untuk tahap awal beroperasi di kelurahan yang masuk zona merah covid-19.
“Selain pelayanan vaksin reguler, kita lakukan percepatan di tempat khusus. Kita sediakan bus layanan keliling,” ujarnya.
Wali Kota menambahkan,” bahwa layanan keliling ini untuk memperkuat vaksinasi di kelurahan. Camat dan lurah bisa mengkordinir jadwal bus vaksinasi keliling, hal Ini penguatan dalam upaya percepatan vaksinasi hingga ke RT dan RW, terutama di kelurahan yang berada di zona merah, wako juga mengajak masyarakat untuk mendukung upaya percepatan vaksinasi. Ia juga mengajak masyarakat berperan menekan angka penularan covid-19 agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, Bus ini datang ke kelurahan, agar masyarakat lebih mudah mendapat vaksin,” terangnya.

Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT berharap, lima unit bus ini nantinya menjangkau langsung warga calon penerima vaksin, Dengan Bus ini tim akan bergerak ke lapangan untuk penyuntikan vaksin warga.

Bus ini membawa tim vaksinator yang akan bergerak secara mobile. Bus juga menyasar kecamatan zona merah dan tempat strategis untuk melayani vaksin bagi masyarakat.

Lanjut nya,” kelompok lanjut usia (Lansia), rohaniawan, guru, dan pekerja ekonomi menjadi prioritas vaksin keliling ini. “Bus ini khusus untuk vaksin saja. Caranya hanya dengan bawa KTP kita dapat melayani vaksin terhadap kelompok prioritas penerima vaksin ini,khusus untuk kelompok Lansia, bagi yang belum memiliki KTP Pekanbaru, namun berdomisili di Pekanbaru tetap dapat melaksanakan vaksin. Tim juga masih membahas lebih lanjut untuk jadwal dan tempat vaksinasi keliling ini.” harapnya.

JackNho/ Advetorial

About Era NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Ditresnarkoba Polda Sumsel Tangkap Tiga Warga Saal Saat Lakukan Transaksi Narkoba

Palembang,newshanter.com – Tertangkap tangan saat melakukan transaksi narkoba di sebuah pondok yang ...