Home / Aceh / Wabup Aceh Tamiang Insyafuddin Tinjau Lahan Balitbu Tropika Di Solok Sumatera Barat 

Wabup Aceh Tamiang Insyafuddin Tinjau Lahan Balitbu Tropika Di Solok Sumatera Barat 

Aceh Tamiang, newshanter.com – Pola pengembangan bibit dari Balitbu ini dipastikannya memiliki banyak manfaat.

Namun yang terpenting, kata dia, Balitbu tropika merupakan penghasil pohon induk berkualitas sebagai benih penjenis sehingga berpotensi untuk dikembangkan di Aceh Tamiang.

Di sisi lain, Insyafuddin menilai pendistrisibusian bibit ini akan menjadi sektor baru pendapatan daerah.

“Karena keaslian varietas bibit terjaga, petani akan memilih beli di daerah sendiri, ini kan menjadi pendapatan daerah,” jelasnya.

Kepala Bidang Produksi dan Perlindungan Tanaman Distanbunak Aceh Tamiang, Muhammad Yunus yang ikut mendampingi kunjungan kerja Wabup ke Solok menjabarkan, sebagai upaya peningkatan potensi pengembangan pohon induk yang akan dikembangkan di daerah, serta upaya penyelamatan plasma nutfah sebagai kekayaan alam yang bisa mendukung pembangunan nasional, Selasa (11/8/2022).

“Tujuannya untuk mengembangkan potensi PAD melalui penyediaan pohon induk tanaman buah yang berkualitas, sehingga dihasilkan benih atau bibit bermutu,” kata Yunus.

Melalui pengembangan bibit Balitbu Tropika, Pemkab Aceh Tamiang ingin memastikan bibit yang disalurkan ke pekebun berkualitas baik yang disertai legalitas.

Stok bibit yang dikembangkan di Tamiang Hulu ini nantinya menjadi jaminan bagi pekebun untuk memiliki lahan produktif. (SAG08)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Kerahkan Tim DVI, Polri Gerak Cepat Berikan Pertolongan Korban Kerusuhan Laga Arema Vs Persebaya

Jakarta, newshanter.com – Polri menyatakan langsung bergerak cepat mengerahkan tim DVI dari ...