Utamakan Soft Skill Kepada Mahasiswa DiPoltek Trans SDP Palembang, Dan Ini Pesan Kemendikbudristek RI

Banyuasin, newshanter.com – Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) Wikan Sakarinto, ST.,M.Sc.,Ph.D bersama Sekretaris Badan pengembangan sumber daya manusia Perhubungan Republik.Indonesia (RI) Dr. kapten Capt Antoni Arief Priahadi MSc.

Selain itu juga didampingi Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) Palembang Dr Ing Ahmad Taqwa, disambut langsung oleh Direktur Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang (Poltek Trans SDP Palembang) H Irwan, SH.,M.Pd.,M.Mar.E.

Dimana kunjungan kali ini dalam rangka pembukaan program Diploma IV pada Poltek Trans SDP Palembang yang dipusatkan di auditorium Poltek Trans SDP Palembang Selasa Sore, (15/3/2022).

Kalau disini, kami di Kemendikbudristek RI kami punya konsen pada Perguruan Tinggi (PT) di Kementerian lain. Disini pendidikan PT di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bukan dibawah Kemendikbudristek RI.

“Tapi polanya sistem pembelajarannya, kurikulumnya, standar kurikulumnya serta akreditasi mengikuti standar Kemendikbudristek RI,” demikian diutarakan Wikan Sakarinto.

Kami juga punya konsen PT di Kementerian lain, disingkat PTKL, Perguruan Tinggi Kementerian Lain, diluar Kementerian kami. Seperti contohnya Poltek Trans SDP Palembang ini, kami juga punya konsen untuk ikut mengembangkannya.

“Dan kemarin sore telah terjadi penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Poltek Trans SDP Palembang dengan POLSRI,” ujar Wikan.

Bentuk kerjasamanya sendiri berupa pengembangan dosen, laboratorium dan simulator. Ada kemungkinan, ada rencana pengembangan kompetensi dosen-dosen disini, itu bisa mengambil studi atau kuliah di POLSRI Palembang untuk Sarjana Strata Dua (S2) Terapan.

“Selain itu, pemanfaatan peralatan laboratorium bersama, fasilitas laboratorium bersama,” ungkap Wikan.

Jadi Poltek Trans SDP Palembang bisa memanfaatkan peralatan laboratorium di POLSRI Palembang, begitu sebaliknya POLSRI bisa memanfaatkan peralatan laboratorium di sini yakni Poltek trans SDP Palembang.

“Harapan kita nanti bisa terjadi kolaborasi riset terapan antara dosen-dosen di Poltek Trans SDP Palembang dan dosen-dosen di POLSRI,” kata Wikan.

Bisa mengembangkan produk bersama, saling mendapatkan solusi bersama untuk bidang perairan darat. Karena begini, perairan darat Indonesia garis sungainya panjang sekali, sehingga membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang spesifik untuk mengelola potensi, pengelola segala sesuatunya untuk sub perairan darat.

“Ini keuntungan potensi yang seharusnya menjadi sesuatu kekuatan besar di Indonesia, baik itu untuk logistiknya, termasuk juga transportasinya, pariwisata, dsn kulinernya,” beber Wikan Sakarinto.

Kami berharap dengan penguatan di Poltek Trans SDP Palembang, harapannya kita akan mendapatkan lulusan yang kompeten dan kuat dibidang pengelolaan atau pengembangan perairan darat.

Kalau kepada mahasiswanya kompeten, jadilah mahasiswa yang unggul dan kompeten, tidak hanya half skill tapi lebih yang penting adalah soft skill, attitude, karakter, serta leadership, dan barulah half skill, imbuh Wilkan Sakarinto.

Menurut Direktur Poltek Trans SDP Palembang H Irwan, SH.,M.Pd.,M.Mar.E, untuk Poltek Trans SDP Palembang ini sendiri berlokasi di jalan Sabar Jaya Nomer 116 Perajin Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Saya sangat berterima kasih, karena ini sudah lama yang kami ingin angan-angankan, dan ternyata baru kali ini terjadi.

“Dan ini suatu prestasi buat Poltek Trans SDP Palembang dikarenakan dengan adanya pengembangan rencana yang empat ini untuk kedepannya,” jelas Irwan.

Dan itu memang pesanan dari masyarakat dan mungkin semua alumni. Dimana mereka menginginkan bagaimana mungkin Poltek Trans SDP Palembang jangan hanya Diploma Tiga saja, tapi ada untuk Diploma Empatnya juga.

“Sehingga pada saat pelaksanaan kegiatan-kegiatan untuk masyarakat khususnya, dan pada umumnya masyarakat yang ada di Indonesia ini, karena kita tahu, bahwa sungai dan danau yang ada di Indonesia ini bukan hanya satu, tetapi panjang dan banyak,” tegasnya.(ton)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

loading...




Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Cagub Sumsel Heri Amalindo Hadiri Halal Bihalal Relawan Pro Herlindo Juang

    Palembang, newshanter.com – Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang juga Bakal Calon Gubernur ...