Upacara Adat Sambut Pelaksanakaan Pra TMMD REG 109 Kodim 0727/Karanganyar

Upacara Adat Sambut Pelaksanakaan Pra TMMD REG 109 Kodim 0727/Karanganyar

TMMD REG 109 | Karanganyar – Sebagai wujud rasa syukur dan bangga kita kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, atas beribu-ribu seni kebudayaan yang kita miliki. Danramil Bersama anggota Koramil 14/Jatipuro dan masyarakat menggelar upacara adat wahyu kliyu, atau yang lebih dikenal orang Jawa dengan sebutan “Sebaran Apem”, bertempat di dusun Jatiwarno, Jatipuro, Karanganyar, Jum’at (11/9/20).

Kapten Arm Suratman Danramil 14/Jatipuro mengungkapkan, Bahwa Upacara adat ini sudah dilaksanakan turun temurun. Menurut cerita dari orang-orang tua setempat, Upacara adat ini sudah dilaksanakan sejak zaman Ki Renggo Wijoyo saat menjabat sebagai kepala desa.

Dalam upacara adat ini setiap keluarga wajib menyumbangkan apam. Upacara adat dilakukan dengan melemparkan apam satu demi satu ke tempat yang sudah disediakan panitia upacara adat. Upacara dimulai dengan membaca Bismillah lalu mengucapkan Wahyu Kliyu sembari melempar apam satu demi satu.

“Sebetulnya Wahyu Kliyu itu dari kalimat ya hayyu ya qayyum. Maknanya meminta kehidupan dan kekuatan kepada Allah. Memohon kesejahteraan dan berkah melimpah. Ini sekaligus melestarikan budaya. Tak lupa pula, Masyarakat turut mendo’akan kepada Kodim 0727/Karanganyar supaya sukses di dalam melaksanakan Program TMMD Reguler ke 109″, pungkasnya.(SW)

About Andre Newshanter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

loading...




Komentar Terbaru

    Pos-pos Terbaru

    x

    Berita Lain

    Aiptu Suheri Bantu Warga di Lokasi Banjir Bandar Sei Kijang

    PELALAWAN, NEWSHANTER.COM-Personel Polsek Bandar Sei Kijang, Aiptu Suheri, terus membantu warga untuk menyeberangi lokasi ...