Home / breaking / UNDERCOVER BUY DITUNTUT 12 TAHUN PENJARA

UNDERCOVER BUY DITUNTUT 12 TAHUN PENJARA

PALEMBANG, newshanter.com. Seorang undercover Buy, Kiki Mardekawati (38) Ibu Rumah Tangga yang beralamat di Jalan Perumahan Bukit Sejahtera Blok CW 2 Rt 14 Rw.04 Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Gandus akhirnya di tuntut Jaksa Penuntut Umum (JPU), Wawan Setiawan dengan pidana penjara selama 12 tahun dan denda sebesar Rp.1000.000.000. Subsider 6 bulan penjara, dihadapan majelis hakim yang di Ketuai Ahmad Suhel dipersidangan Pengadilan Negeri Palembang, Senin (14/10/2019).

Menurut JPU. Wawan Setiawan, bahwa tuntutan yang dijatuhkan kepada terdakwa ini sesuai dengan fakta persidangan bahwa keterangan para saksi dipersidangan yakni Saksi DS Priyono dan saksi Hendi Gunawan adalah anggota kepolisian yang bertugas di satuan Narkoba Polresta Palembang.

Bahwa kedua saksi menerang diatas sumpah dihadapan majelis hakim terdakwa Kiki Mardekawati yang merupahkan jebolan Fakultas hukum terjadi penangkapan pada 3 Juli 2019 sekitar pukul 20.30 di depan Indomaret jalan Palam Raya Perumahan Bukit sejakterah. Dimana saksi menerangkan, dari informasi yang didapatkan bahwa terdakwa ini merupakan perantara (Undercover buy) jual beli narkoba jenis ekstasi.

Berdasarkan informasi tersebut kedua saksi ini menghubungi terdakwa menggunakan telepon seluler untuk membeli narkotika jenis pil ekstasi sebanyak 700 butir.

Namun dijawab terdakwa kalau mau bertemu untuk bertransaksi, di KFC Kambang Iwak. Terdakwa langsung meluncur ditempat yang disepakati menggunakan sepeda moto merek Honda Beat warna Biru putih kemudian memberikan ciri ciri memakai baju warna merah.

Dan akhirnya kedua saksi bertemu dengan terdakwa. Para saksi ini mengajak terdakwa masuk kedalam mobil saksi untuk membicarakan pesanan sebanyak 700 butir dengan harga sebesar Rp.50 ribu/ butir dengan sejumlah uang sebesar Rp 50 juta. Namun tidak dapat dipenuhi karena stok kosong.

Karena itu terdakwa menelepon Doni (alm) ternyata bisa memenuhi 200 butir saja dengan sejumlah uang Rp.10 jutah.

Dan para saksi serta terdakwa beriring iringan masing masing ada yang menggunakan mobil dan sepeda motor menuju tempat yang telah ditentukan yakni depan Indomaret jalan Palam Raya Perumahan Bukit sejakterah.

Tiba di tempat yang telah disepakati, kedua saksi membuka kaca mobil dan mengapai tangan kepada Doni Almarhum.

Dan mendekatlah Doni sambil menyerahkan satu bungkus kantong plastik yang berisikan 2 kantong plastik kecil yang berisi pil ekstasi logo instagram dan spiderman warna merah.

Kemudian Doni yang menggunakan senjata api rakitan jenis refover dengan amunisi 9 mm langsung melarikan diri dan disuruh berhenti namun tetap berlari, sehingga diambil tindakan tegas yang terukur.

Dari fakta fakta yang terungkap dipersidangan ini semua telah diakui dan dibenarkan terdakwa.

Karena unsur unsur dakwaan pasal 114(2) jo pasal 132 Undang Undang No.35 Tahun 2009 tetang narkotika.”Maka kami menjatuhkan pidana penjara selama 12 tahun,” terang Wawan kepada majelis hakim.

Selanjutnya Wawan, juga memberikan hukuman berupa denda kepada terdakwa sebesar Rp 1 Millyar,” jika terdakwa tidak dapat membayar denda tersebut diharuskan menjalani hukum penjara selama 6 bulan,” tegas wawan kepada terdakwa yang didampingi penasehat hukumnya Gustini.

Mengeanai barang bukti pil ekstasi logo istagram sebanyak 85 butir berat netto 31, 49 gram dan logo spiderman 85 butir berat netto 37,86 grama. Serta 2 buah Hp bersama nomornya. Dan satj buah senjata api rakitan beserta amunisi dinyatakan rampas negara untuk dimusnahkan.

Sedangkan untuk dua buah sepeda motor masing masing merek honda beat dan yamaha Yupiter Z dinyatakan dirampas negara.

Usai JPU membacakan tuntutan, Ketua majelis hakim ahmad suhel yang didampingi hakim anggota yakni Efrata dan Yohanes Panji mengatakan kepada terdakwa dan Pengacaranya supaya membuat pembelaan,”untuk kami berikan waktu selama 3 hari kedepan,” jelas Suhel.

Dari pernyataan ketua majelis tersebut langsung ditanggapi pengacara terdakwa dengan menyatakan siap.

Karena kesempatan pembelaan yang diberikan majelis diterima oleh terdakwa dan pengacaranya,” maka kami menyatakan sidang ditutup,” ungkap Suhel. (Rahman)

 

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun
x

Berita Lain

106 Tersangka Narkoba Ditangkap dalam Operasi Antik Musi 2021 di Sumsel

Palembang, newshanter.com – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel dan jajaran berhasil menangkap ...