UIN Raden Fatah Palembang Terapkan KKN Berbasis Covid-19

PALEMBANG,Newshanter.com – Ditengah pandemi Covid-19 saat ini, berbagai upaya terus dilakukan lembaga pendidikan agar proses akademik bisa tetap berjalan. Salah satunya seperti yang dilakukan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang yang menerapkan Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pandemi Covid-19.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Muhammad Sirozi mengatakan, kendati dimasa pandemi Covid-19, kegiatan akadmeik mahasiswa tetap berjalan dengan standar kesehatan agar tetap terhindar dari penyebaran Covid-19.

“Ada tiga jenis KKN yang bisa dipilih mahasiswa di era pandemi, yakni KKN Dari rumah (KKN-DR), KKN Kerja Sosial (KKN-KS) dan KKN Relawan Wilayah,” ungkapnya kepada Sumsel Pers, Selasa (17/6/2020).

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan KKN tersebut, mahasiswa diperbolehkan memilih salah satu dari tiga jenis KKN yang tersedia dengan mengajukan surat permohonan kepada LP2M kampus untuk disetujui.

“Dalam pelaksanaannya, mahasiswa akan melaksanakan KKN secara mandiri sendiri-sendiri di wilayah masing-masing dengan tetap mentaati protokol kesehatan pemerintah,” terangnya.

Sementara itu, Ketua LP2M UIN Raden Fatah Palembang, Syferiyeni mengatakan, tiga jenis KKN tersebut merupakan program KKN angkatan 73 masa pandemi Covid-19 tahun 2020. KKN-DR sendiri merupakan kegiatan yang memberikan pengutana kesadaran, penguatan dan kepedulian terhadap pandemi Covid-19.

“Untyuk KKN-KS sendiri merupakn kegiatan yang terlibat dalam pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 di masyarakat dengan bekerjasama resmi dengan kementerian, gugus Covid-19 dan lembaga yang telah ditetapkan pemeirntah,” ucapnya.

Ditambahkannya, untuk KK Relawan Wilayah merupakan kegiatan yang bisa dilakukan di desa maupaun di kota. Dalam hal ini mahasiswa terlibat dalam hal-hal bersifat pelayanan dimasa pandemi Covid-19 seperti bagi-bagi smebako, hansatizer, masker, hasil sumbangan masyarakat tertentu dan lain sebagainya.

“Mahasiswa tentunya tetap bekerjasama dengan aparat pemerintah setempat, baik RT, Lurah, kades di lingkungan tempat tinggal masing-masing,” tegasnya. (Sp)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

loading...




Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Wisuda Unsri Ke-171, Sebanyak 667 Sarjana Dapat Predikat Cumlaude

    Ogan Ilir, newshanter.com – Universitas Sriwijaya menggelar wisuda ke 171 yang berlangsung di Auditorium ...