Home / Budaya/Wisata / Seminar Kajian Koleksi Museum Senjata Dan Penyerahan Hadiah Lomba Foto

Seminar Kajian Koleksi Museum Senjata Dan Penyerahan Hadiah Lomba Foto

Palembang,newshanter.com – Dinas Kebudayaan kota Palembang menggelar Kegiatan Seminar Kajian Koleksi Museum Senjata Tradisonal tahun 2020 sekaligus serah terima hadiah untuk Pemenang Lomba di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB) Palembang yang digelar di Ruang Mahameruh Hotel Swarna Dwipa, Sabtu (5/12/2020).

Tujuan dari seminar ini untuk memperkenalkan senjata tradisional Palembang kepada masyarakat khususnya generasi muda. Kegiatan seminar dibuka oleh Walikota Palembang yang diwakili oleh staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan & Investasi dr. Letizia.

staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan & Investasi dr. Letizia dalam sambutannya mewakilkan Walikota Palembang mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas kehadiran para peserta seminar.

“Ini merupakan pertama kali saya dengar ada acara seminar seperti ini. Jadi Pemkot Palembang sangat menyambut dengan baik kegiatan yang bisa melestarikan budaya yang ada di kota Palembang,” ujarnya.

Dikatakannya, dia juga belum mengenal senjata apa saja yang ada di museum. Untuk itu pada kesempatan ini kita akan mengenal apa yang menjadi koleksi museum. Sehingga lebih tahu lagi dan mengenal lebih jauh lagi.

“Senjata tradisional masuk dalam salah satu objek dari pelestarian tradisi. Senjata tradisional digunakan untuk mempertahan diri dari serangan atau ancaman dari segala sesuatu dan kelengkapan identitas, cara pembuatannya, bentuknya dan kegunaannya yang diwariskan secara turun menurun,” katanya.

Ia menambahkan kegiatan dapat memberi semangat penguatan kearifan lokal yang pada dasarnya merupakan kebijaksanaan masyarakat. Kearifan lokal dapat dipahami sebagai gagasan yang bersifat bijaksana penuh kearifan nilai baik yang tertanam dan diikuti oleh masyarakat.

“Saya mengharapkan dengan adanya seminar ini menjadi salah satu upaya pembentukan kesadaran putra bangsa khususnya bagi generasi muda agar dapat mengoptimalkan peran mereka dalam pelestarian dan kemajua dalam kebudayaan,” pungkasnya.

Selain diadakan kegiatan seminar juga sekaligus serah terima hadiah bagi pemenang Lomba Foto Museum SMB II, adapun pemenangnya sebagai berikut :

Lomba Foto Museum SMB II
Untuk kategori pelajar, juara 1 Achmad Wendyansyah Nugraha, juara 2 Muhammad Faras alfatah, juara 3 Miranda
Untuk kategori umum/mahasiswa, juara 1 Harry sanjaya, juara 2 Panji Prasetyo, juara 3 Wibowo
Untuk kategori jurnalis, juara 1 Rizki Ananda Febrian (News Hunter), juara 2 Al Fery Ibrahim (Sumeks), juara 3 Zaini(Jack) (Sripo)

Lomba Desain Poster Museum SMB II
Untuk kategori pelaja,r juara 1 Dhea Nur Annisah, juara 2 Imanuel Adin Nugroho, juara 3 Kelvin Wijaya
Untuk kategori umum/mahasiswa, juara 1 Aziz Munajar, juara 2 M. Fatih Nugraha, juara 3 Meizar Al Fatah
Untuk kategori favorit, juara 1 Ahmad Agung Fajriansyah, juara 2 Sinta Amelia, juara 3 M.Alyf Attaqy

(vina)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Bupati OI PWA Launcing Bantuan Beras PPKM 2021

Ogan Iliir,newshanter.com – Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Hari ini kamis ...