Home / Kota Palembang / Rawan Terjadi Longsor, BBPJN V Wilayah Sumsel Babel Bangun Dinding Beton di 11 Titik Rawan Longsor

Rawan Terjadi Longsor, BBPJN V Wilayah Sumsel Babel Bangun Dinding Beton di 11 Titik Rawan Longsor

Palembang,newshanter.com – Rawan terjadi longsor, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) V wilayah sumsel Babel, bangun dinding beton setinggi 6 meter di 11 titik jalan rawan longsor guna mengantisipasi.

Iskandar, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.3 Balai Besar Kementerian PUPR, menuturkann berdasarkan laporan yang di terima terdapat kurang lebih 20 titik ruas jalan di batas kabupaten Lahat hingga kota Pagaralam rawan terjadinya longsor.

Namun menurut Iskandar, ketika disurvei di 20 titik tersebut tingkat kerawanan longsor berbeda-beda, mulai dari tingkat rendah hingga tinggi.

“Jadi kami mengutamakan terlebih dahulu yang tingkat kerawanan longsornya tinggi,” katanya, Selasa (7/9/2021).

Setidaknya terdapat 11 titik berada pada tingkat tinggi rawan longsor yang akan terlebih dahulu di dilakukan penanganan dengan cara membangun dinding beton setinggi 6 meter sebagai penopang.

Untuk saat ini ke-11 titik tersebut telah masuk dalam kontrak pengerjaan dan tengah dikerjakan. Pengerjaan ini meliputi pembangunan dinding penahan setinggi 5 hingga 6 meter tergantung dengan tingkat kecuraman dari perbukitan.

Selain dengan membangun dinding penahan, BBPJN V juga melakukan pengikisan lereng untuk melebarkan kondisi jalan sehingga pembangunan dinding tersebut tidak mengganggu kondisi jalan.

Menurut pengakuannya di musim penghujan seperti saat ini memang wilayah Lahat hingga Pagaralam rawan terjadinya longsor. Karena itu, pihaknya juga memberikan rambu-rambu di titik-titik rawan tersebut.

“Kami juga berkoordinasi dengan Polsek dan dinas terkait setempat untuk mengantisipasi terjadinya longsor ini dan tentunya untuk mengambil tindakan secepat mungkin jika memang terjadi longsor,” tutupnya. (derla)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

FKIP Unsri Seminar-kan “Re-Desain Pembelajaran IPA yang Adaptif di Masa Pandemi Covid-19

Palembang,newshanter.com – Pelaksanaan sistem pembelajaran secara Online (daring) menggantikan sistem pembelajaran secara ...