Home / Kota Palembang / Proyek Nama Pasar Apung Diberi Nama “Pasar Apung Darussalam”

Proyek Nama Pasar Apung Diberi Nama “Pasar Apung Darussalam”

Palembang,newshanter.com — Proyek pembangunan pasar tradisional apung yang di canangkan Pemkot Palembang bakal di beri nama “pasar apung Darusallam”, di bangun tepat di bawah jembatan Musi 2 pembangunan pasar apung ini bakal rampung pada tahun 2022.

Bersama dengan staf khusus walikota, dan jajaran dinas di lingkungan pemerintah kota Palembang, Harnojoyo walikota Palembang menyampaikan dalam rencana pembangunan ini akan melakukan pematangan lahan terlebih dahulu.

” Akan kita namai pasar apung Darusallam, pada pertama nanti kita bakal pematangan lahan terlebih dahulu,” ujar harnojoyo walikota Palembang usai rapat paparan pembangunan pasar apung, rumah dinas walikota Palembang, Selasa (28/09/2021).

Rencananya pembangunan pasar apung Darusallam ini bakal rampung dalam satu tahun kedepan, di akui harnojoyo hingga saat ini tengah dalam persiapan administrasi.

“Tahap selanjutnya kepala Dinas perdagangan kota Palembang akan membuat tim, terkait dengan schedule pembangunan pasar apung,” lanjutnya

Sebagai kota yang identik dengan sungai, betul kata harnojoyo pembangunan pasar apung Darusallam nantinya menjadi identitas baru kota Palembang.

Di konsep sebagai perpaduan antara pasar apung tradisional dan modern, pasar apung Darusallam ini di canangkan bakal memprioritaskan pedagang kalangan sekitaran kecamatan gandus.

Sebab di katakannya hingga saat ini di wilayah sekitaran jembatan Musi 2 hanya kalangan dua kali dalam seminggu yakni Rabu dan Minggu , yang kalau di hari biasa ada sekitar 70an pedagang, dan akhir pekan bisa sampai 300 an pedagang.

” Kalau selama ini cuman kalangan, ini bakal kita buat pasar jadi bisa tiap hari bahkan mungkin juga malam,” terangnya.

Kalau terkait konsep tatanan nya di tegaskan harnojoyo tidak akan meninggalkan ciri khas kota Palembang itu sendiri seperti, dan kontruksi bangunan juga akan menyesuaikan pasang surut sungai Musi itu sendiri.

Terkait pendanaan, di akui harnojoyo hingga saat ini akan fokus kepada design bangunan itu sendiri apa bila konsep rampung bukan tidak mungkin pembangunan pasar apung Darusallam menggunakan dana dana luar dari kota Palembang.

“Yang penting design, kementerian perdagangan ada, insyaallah dari gubernur ada, CSR juga mungkin aja, kementerian pariwisata juga ada,” katanya.

Senada dengan walikota Palembang, Kepala Dinas perdagangan menyebutkan pembangunan pasar apung Darusallam ini masih dalam penyempurnaan konsep.

Berada tepat di bawah jembatan Musi 2, pasar apung Darusallam ini juga sebagai pintu gerbang di kota Palembang, kata M Raimon Lauri pasar apung bakal mengakomodasi pedanggang sekitar untuk juga menjajakan kuliner khas kota Palembang sebagai oleh oleh.

“Terkait dengan kunjungan para pembeli, kita dari tim sudah mempunyai data, jadi 85 persen pembeli nya adalah sekitaran pasar, dan sisanya adalah pelancong,”tukasnya Raymon Lauri kepala dinas perdagangan kota Palembang. (derla)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Kapolda Sumsel Diwakili Karo SDM Polda Sumsel Mengikuti Peringatan HUT Korpri Ke-50

Palembang, newshanter.com – Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Toni Harmanto,MH diwakili Karo ...