Home / Kota Palembang / Permudah Bisnis UMKM ke Luar Negeri, Dinas Perdagangan Sumsel Adakan Pelatihan Perdagangan Ekspor Terpadu

Permudah Bisnis UMKM ke Luar Negeri, Dinas Perdagangan Sumsel Adakan Pelatihan Perdagangan Ekspor Terpadu

Palembang, newshanter.com – Dalam rangka mempermudah bisnis bagi pelaku usaha UMKM yang ada di Sumatera Selatan, Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel Adakan Pelatihan Perdagangan Ekspor Terpadu.

Acara pelatihan tersebut diadakan di Hotel Swarna Dwipa Palembang pada Selasa (23/11/2021).

Pelatihan Perdagangan Ekspor Terpadu ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Bea Cukai dan Cargo Garuda, beberapa perwakilan pelaku usaha serta tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Ahmad Rizali saat diwawancarai wartawan mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu masyarakat khususnya pelaku usaha agar dapat memanfaatkan perdagangan ekspor terpadu ini.

“Banyak yang sudah mencoba untuk melakukan ekspor ke luar, oleh karena itu hari ini kita kumpulkan dan hadirkan berbagai narasumber operator ekspor seperti Bea Cukai, Cargo Garuda dan Kementerian Perdagangan, sehingga jelas sebab dari bea cukai akan menawarkan buyer-buyer ekspor serta Cargo Garuda akan memberikan harga cargo yang murah.

Selama ini mereka yang sudah melakukan ekspor biasanya melalui jalur Jakarta dan Singapura dan ini sering kali mengalami berbagai kendala, dengan adanya Pelatihan Perdagangan Ekspor Terpadu hari ini maka tahun depan kita berencana akan melaunching ekspor langsung ke luar negeri”, ujar Ahmad Rizali.

Ahmad Rizali menambahkan jika kegiatan ini diupayakan untuk mempermudah bagi pelaku usaha yang ada di Sumsel karena semua pihak terkait ekspor semuanya dirangkul seperti yang sudah dijelaskan diatas.

“Memang selama ini pelaku usaha sendiri-sendiri melakukan kegiatan ekspor, nah dalam kegiatan ini semua pihak terkait ekspor kita rangkul semua guna mempermudah pelaku usaha untuk mengekspor produk-produknya seperti makanan, olahan minuman dan furnitur serta manufaktur”, ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Ahmad Rizali berharap dengan adanya Pelatihan Perdagangan Ekspor Terpadu ini pelaku usaha akan mudah mengakses ekspor dan nantinya di tahun depan akan kita lakukan launching ekspor langsung ke negara tujuan bagi para pelaku UMKM. (are)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

106 Tersangka Narkoba Ditangkap dalam Operasi Antik Musi 2021 di Sumsel

Palembang, newshanter.com – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel dan jajaran berhasil menangkap ...