Home / Kota Palembang / Peresmian Gedung KH Faqih Usman Universitas Muhammadiyah Palembang

Peresmian Gedung KH Faqih Usman Universitas Muhammadiyah Palembang

Palembang, newshanter.com – Peresmian Gedung KH Faqih Usman Universitas Muhammadiyah Palembang dilaksanakan Senin (15/8/ 2022).

Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. K. H. Haedar Nashir. Msi mengatakan, PP Muhammadiyah bersama Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan dan Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr Abid Djazuli SE MM hari ini bersama seluruh warga perserikatan dan berbagai pihak meresmikan gedung 7 lantai yang dinamai gedung KH Faqih Usman Universitas Muhammadiyah Palembang.

“Pembangunan gedung ini satu rangkaian dari pembangunan berkelanjutan yang insya Allah di sebelah sana akan dibangun 9 lantai dan seterusnya,” ujarnya.

Haedar menuturkan, apa yang telah dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Palembang dengan dukungan PWM yaitu menggambarkan dinamika kemajuan membangun yang bertumbuh terus sejak Universitas ini berdiri tahun 1979 kelanjutan dari perguruan tinggi sebelumnya, yang Insya Allah dengan ribuan mahasiswa yang sekolah atau kuliah di sini akan memberi sumbangsih positif bagi kemajuan masyarakat.

“Muhammadiyah dengan semangat kemandirian dari Sabang sampai Merauke terus membangun berbagai amal usaha lembaga pendidikan, kesehatan, pelayanan sosial dan usaha ekonomi yang tidak lain Muhammadiyah hadir dalam usia 103 tahun untuk membangun bangsa, untuk membangun negeri,” kataya.

“Kami yakin bahwa dengan semangat kemandirian untuk membangun ini akan menjadi modal kekuatan bagi bangsa ini yang Bung Karno gelorakan sebagai gerakan berdikari.

Gerakan berdikari adalah semangat mandiri untuk membangun.

Saya yakin juga bangsa ini dan negara Indonesia tercinta ini juga perlu terus memupuk kemandirian dengan tetap terus bekerja sama dengan berbagai negara di luar.

Tetapi kemandirian itu penting karena bangsa yang mandiri adalah bangsa yang akan mampu berkompetisi dengan bangsa lain ,” bebernya.

“Muhammadiyah dengan lembaga pendidikannya tetap berkomitmen kuat untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang bukan hanya siap secara skill dan penguasaan IPTEK, tetapi juga berkarakter kuat menjaga moral nilai dan peradaban sebagai basis dari kekuatan bangsa ini yang bertumpu pada agama Pancasila dan nilai luhur kebudayaan bangsa,” bebernya.

“Saya yakin kalau komitmen ini terus bersama seluruh komponen bangsa kedepan kita akan menjelang Indonesia satu abad di mana tepatnya dua hari lagi Bangsa Indonesia merayakan HUT Kemerdekaan RI yang ke-77 tahun.

Itu landasan pokoknya tapi kalau hanya penguasaan IPTEK dan skill boleh jadi maju seketika tetapi landasannya tidak kokoh,” tambah Haedar.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, gedung ini dinamakan gedung KH Faqih Usman memakai nama Ketua Umum PP Muhammadiyah pada era tahun 1968 yang mana beliau juga dipercaya dua kali menjadi Menteri Agama di zaman Orde Lama Pemerintahan Soekarno.

Selain itu, juga beliau sebagai Tokoh Perjuangan yang di samping juga sebagai ulama tapi juga cendekiawan dan manajer untuk membangun bangsa.

“Itulah gedung ini menggunakan nama gedung KH Faqih Usman,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr Abid Djazuli SE MM mengatakan, gedung ini terdiri dari 64 ruangan. Tapi sebagian dipakai untuk pelayanan administrasi perkantoran.

“Kita akan membangun lebih besar lagi. Sebagian akan kita pindahkan perkantoran kita yang lama kesini.

Selain itu, disini juga ada ruang belajar,” tandasnya. (are)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Berbagai Asosiasi Pariwisata Berkumpul Bersama, Ini Tujuan Dan Pesan Dari Peringatan Hari Pariwisata Dunia

Palembang, newshanter.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera (Sumsel) menghadiri ...