Home / breaking / Penyanyi Eddy Silitongga Meninggal Dunia
Eddy Siltongga/ Foto Net

Penyanyi Eddy Silitongga Meninggal Dunia

Jakarta – Dunia musik Tanah Air kembali diselimuti awan duka. Musisi senior Eddy Silitonga meninggal dunia dini hari tadi.Kabar tersebut ramai mewarnai lini masa sosial media. Kemudian Mario Marco, anak kandung Eddy membenarkan kabar tersebut.”Iya benar, bapak meninggal di Rumah Sakit Fatmawati,” ujar Mario saat dihubungi via telepon, Kamis (25/8/2016).

Belum lama ini, pelantun ‘Biarlah Sendiri’ tersebut memang tengah menjalani perawatan di rumah sakit karena penyakit jantung. Namun kondisi Eddy dikabarkan berangsur membaik.Tapi kini Tuhan seakan berkata lain. Eddy meninggal dunia pada usia 65 tahun.

“Jenazah Eddy Silitongga akan disemayamkan di rumah duka sini (RS Fatmawati) saja selama tiga hari ke depan. Tidak dibawa ke rumah,” ujar Mario Marco, anak kandung Eddy saat dihubungi Kamis (25/8).

Selanjutnya, Mario menyebutkan jenazah sang ayah akan dikebumikan pada Sabtu (27/8) mendatang. Taman Pemakaman Umum (TPU) Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan dipilih keluarga sebagai tempat peristirahatan yang terakhir bagi sang legenda yang terkenal dengan lagu ‘Biarlah Sendiri’ bersama Rinto Harahap pada 1976 silam.

Sebelumnya, Eddy terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit karena penyakit jantung yang dideritanya. Kondisi penyanyi yang juga produktif mempopulerkan lagu daerah itu pun sempat dikabarkan membaik tapi harus tetap dengan kontrol dokter.

Kemudian pada Rabu (24/8) malam, Eddy menjalani tindakan medis karena kesehatannya kembali menurun.

“Sebelumnya malam hari sekitar pukul 20.00 WIB, ayah menjalani proses pengeluaran racun dengan menggunakan alat. Namun sekitar pukul 00.05 WIB, dinyatakan sudah tidak ada lagi,” kata.

Profil Eddy Silitongga

Eddy Silitonga (lahir di Pematang Siantar, 17 November 1950 – meninggal di Jakarta, 25 Agustus 2016 pada umur 65 tahun) adalah seorang penyanyi. Dikenal dengan suaranya yang tinggi dan melengking, Eddy adalah anak ke empat dari 11 anak Gustaf Silitonga dan Theresia Siahaan.

Di puncak ketenarannya ia menyanyikan lagu Biarlah Sendiri ciptaan pengarang dan penyanyi senior Rinto Harahap pada tahun 1976.

Pada tahun 1967 Eddy Silitonga meraih Juara 1 Penyanyi Seriosa Sumatera Utara. Selain itu ia juga meraih Juara Pop Singer di Medan.

Ia meraih juara ke-4 Festival Lagu Popular yang digelar di Taman Ismail Marzuki Jakarta, dengan lagu Biarlah sendiri.

Eddy Silitonga meraih juara pertama pria Lomba Lagu Minang pada tahun 1983.

Tiga tahun berkuliah di Institut Teknologi Mapua di Filipina dan membentuk group sendiri “Eddy’s Group” pada puncak kejayaannya 1976 – 1979. Kemudian ia menjadi sekretaris PARSEL (Pengayuban Artis Jakarta Selatan) yang diketuai pelawak Ateng dan Is Haryanto (DTC/01)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Dies Natalis Polsri Ke-40, Polsri Bawa Transisi Energi Fosil Ke Energi Baru Terbarukan Menuju Karbon Netral 2060

Palembang, newshanter.com – Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) menggelar dies natalis ke-40 dengan ...