Pengkuhan Kadin Sumsel, Ketum Kadin Indonesia: Wujudkan Visi 4 Pilar Kadin Bagi Pelaku Usaha di Sumsel

PALEMBANG, newhanter.com – Untuk mencapai Sinergi dan Kolaborasi Kadin dengan Pemerintah dalam menyongsong Sumsel Emas 2030, Kamar Dagang Indonesia (KADIN) melaksanakan Pengukuhan Dewan Pengurus Kadin Sumsel Masa Bakti 2022-2027. Di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Senin (06/02/2023).

M Arsjad Rasjid PM selaku Ketua Umum (Ketum) Kadin Indonesia, dalam sambutannya mengatakan dalam Rapimnas Kadin yang lalu, bapak Presiden Jokowidodo hadir dan waktu disana diutarakan kembali bagaimana mengenai visi bersama. Visi Indonesia emas di tahun 2045, dimana tahun 2045 Indonesia akan menjadi nomor 4 di dunia, ini suatu mimpi, tetapi harus mulai dengan sebuah mimpi dan inilah Indonesia ingin menjadi nomor 4 besar ekonomi di dunia.

Dalam hal ini juga Indonesia bicara tentang ekonomi hijau dan ekonomi biru, dimana Indonesia sudah mencanangkan tahun 2060 Indonesia Net Zero Emissi harus tercapai, jadi ada beberapa hal visi yang harus dilaksanakan, namun untuk mencapai cita-cita tersebut masih punya banyak tantangan, tantangan yang perlu ditangani secara bersama, pertama-tama adalah tantangan ketangguhan. Terutama pada sektor kesehatan, sektor pangan dan juga sektor energi.

“Apa sih yang bisa dilakukan pelaku usaha untuk mewujudkan visi ini, dalam Kadin sendiri kita ada 4 pilar pada pilar Kadin 2021-2026 yaitu apa saja, 1. pemulihan Kesehatan dan membangun industri Kesehatan, 2. Membangkitan ekonomi daerah untuk memastikan pengusaha-pengusaha daerah itu akan lebih banyak lagi, 3. Bagaimana meningkatan lebih banyak orang jadi pengusaha atau jadi wirausaha dan juga kompentensi untuk namanya vokasi dan Kadin sudah diangkat oleh pemerintah untuk menjadi bagian dari pada vokasi nasional dan ini nantinya Kadin-kadin daerah itu harus ikut serta, karena intinya pemerintah perlu mendengarkan dari pengusaha apa sih yang diperlukan skil-skil vokasi ke depan lalu harus ada praktek bukan teori saja, pilar ke 4 memperkuat organisasi, dan memastikan organisasi Kadin secara regulasi bisa berjalan lebih baik,” papar bapak yang berdarah Komering Rasuan daerah Sumsel ini, di Hotel Aryaduta Palembang, Senin (06/02/2023).

Sementara itu Kepala Badan Strategis Kebijakan Dalam Negeri, dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Dr Drs Yusharto Huntoyungo MPd. Membuka perbincangannya dengan mengatakan, sejak Pandemi Covid-19, sempat jalan-jalan ke Sumatera Selatan, mengamati bagaimana kondisi pada saat itu ternyata dengan kedatangannya kali ini sudah jauh berbeda dibandingkan tahun 2020 atau 2021 tahun kemarin.

“Anggota Kadin yang menjadikan ekonomi di Sumatera Selatan begitu bergairah, walaupun belum disebut pasca pandemi tetapi menjelang berakhirnya pandemi kondisi ekonomi berikut kegiatan masyarakat sudah sangat-sangat aktif untuk kondisi di Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Secara terpisah, Anggota Kadin Hj Nirawati sekaligus Ketua DPD Komunitas Pengusaha Muslim Sumsel dengan antusias mengatakan, optimis dengan pengukuhan oleh bapak Affandi Uji sebagai Ketua Kadin Sumsel. Yang diterima langsung oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, akan membawa banyak perubahan dan kemajuan dikalangan pengusaha di Sumatera Selatan.

“Saya optimis pengukuhan Kadin Sumsel di tahun 2022-2027 akan membawa dampak positif dan kemajuan dalam beberapa sektor sebagaimana yang telah dipaparkan oleh bapak Ketua Umum Kadin Indonesia M Arsjad Rasjid PM serta bapak Kepala Badan Strategis Kebijakan Dalam Negeri, dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Dr Yusharto Kuntoyuno MPd. Harapan saya kedepannya mudah-mudahan Sumatera Selatan menjadi pilot project bagi daerah-daerah yang ada di Indonesia, dengan dibantu Kadin Sumsel dan Pusat, semoga penguasaha-penguasaha yang ada di Sumsel dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah baik pusat maupun daerah,”pungkas ibu Hj Nirawati. (Sya)

 

 

 

About Syarif Umar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

loading...




Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Terra Drone Indonesia Memberikan Pelatihan Drone dan Pemetaan Udara untuk PT Archi Indonesia Tbk

    Terra Drone Indonesia telah memberikan pelatihan untuk tim PT Archi Tbk di Minahasa selama ...