Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Jalankan Sepuluh Program

Aceh Tamiang
NewsHanter.com
Gampong mawaddah warahmah (Gammawar) adalah satu program pembinaan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) yang didorong menjalankan sepuluh program pokok PKK secara optimal dan terpadu. Dalam pada ini, semua kegiatan yang berkaitan dengan 10 Program Pokok PKK dilaksanakan dengan baik, sesuai program prioritas masing-masing pokja. Senin,(24/07/2023).

Pembinaan Gammawar dilakukan secara berkala dan berjenjang. Hal ini guna memastikan 10 Program Pokok PKK dapat benar-benar diejawantahi seluruh warga kampung dengan optimal, sehingga cita-cita yang bermuara pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga bisa terwujud.

Berkenaan dengan pembinaan kampung Gammawar, Pj. Bupati, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH, bersama Ketua TP-PKK, Zuraidah Meurah yang didampingi sejumlah Kepala SKPK terkait serta pengurus TP-PKK Kabupaten mengunjungi Kampung Lhok Medang Ara, Manyak Payed, selepas solat Jumat (21/7) pekan lalu. Di sana, Pj. Bupati Meurah bersama Ketua TP-PKK mengikuti pertemuan bersama para pengurus TP-PKK setempat dan warga kampung.

Dalam pesannya, Pj. Bupati Meurah yang didampingi Camat Manyak Payed, Moamar Kadafi mengatakan, esensi pembinaan kampung Gammawar bertujuan guna meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga.

“Esensi program Gammawar ialah mewujudkan peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga sebagai pilar utama masyarakat. Inilah muara yang hendak kita tuju,” demikian sebut Meurah dalam obrolannya bersama warga Lhok Medang Ara.

Untuk mencapai muara itu, kata Meurah, Pemkab mengajak seluruh pemangku kepentingan dan mitra strategis pembangunan daerah ikut ambil bagian dalam implementasi program-program yang ada.

“Karenanya, dalam melakukan pembinaan, kita mengajak seluruh stakeholders dan mitra strategis untuk seiring bahu seayun langkah, bersinergi membangun daerah yang dimulai dengan mengokohkan pembangunan kampung,” tutur Meurah lagi.

Sementara itu, Ketua TP-PKK, Zuraidah Meurah yang turut dibersamai Ketua DWP, Murniati Asra, menekankan pentingnya menjaga ketertiban administrasi serta penulisan laporan. Dijelaskannya, hal ini mesti diperhatikan dengan seksama, agar tidak terjadi kekeliruan pada saat pemeriksaan dan pendataan oleh tim PKK Aceh.

Lebih lanjut, isteri orang nomor satu di kabupaten bergelar Bumi Muda Sedia itu juga berpesan, terkait penanganan stunting di tingkat kampung, harus diperkuat melalui Rumoh Gizi Gampong (RGG). Dijelaskan Zuraidah, keberadaan RGG jangan hanya menjadi sebuah formalitas semata, melainkan harus memberikan dampak pada penurunan stunting dengan pencegahan dan penanganan awal di tingkat dasar serta edukasi bagi ibu hamil, para ibu dengan balita beserta keluarganya.

Dalam kunjungan pembinaan kemarin, Pj. Bupati Meurah dan Ketua TP-PKK, Zuraidah, dijamu dengan teh bunga Telang (Clitoria ternatea) yang mempunyai sejumlah khasiat bagi kesehatan tubuh. Kegiatan kunjungan pembinaan ditutup dengan peninjauan ke lahan RGG yang dikelola oleh TP-PKK setempat bersama Kelompok Wanita Tani Kampung Lhok Medang Ara.

(JAZ).

About Jaz NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

loading...




Komentar Terbaru

Pos-pos Terbaru

x

Berita Lain

Jelang HUT RI Ke-78 Pj. Bupati Aceh Tamiang Ajak Kibarkan Bendera Merah Putih Serentak

Aceh Tamiang NewsHanter.com Menjelang peringatan HUT RI ke-78, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mengajak seluruh ...