Home / breaking / Pemko Bukittinggi Bantu Masyarakat Ekonomi Lemah Terdampak PPKM Memulai BASNAS

Pemko Bukittinggi Bantu Masyarakat Ekonomi Lemah Terdampak PPKM Memulai BASNAS

Bukittinggi,newshanter.com – Sebanyak 400 mustahik/kepala keluarga (KK) di Kota Bukittinggi yang terdampak akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menerima dari Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Penyerahan zakat tersebut diselenggarakan di Balairung Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (01/09/2021).

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar mengatakan penyerahan zakat yang diupayakan oleh Baznas Kota Bukittinggi dan Baznas Provinsi Sumatera Barat untuk diberikan kepada warga Bukittinggi dengan kondisi ekonomi lemah yang terdampak akibat PPKM.

“Sehubungan dengan menurunnya perekonomian masyarakat karena keterbatasan ruang gerak untuk berusaha karena terdampak kebijakan PPKM, maka Saya selaku Kepala Daerah, tentunya tidak tinggal diam memikirkan hal ini. Maka timbul ide untuk menurunkan dana cadangan pemerintah untuk membantu masyarakat kita yang terdampak PPKM,” ujar Wako Erman Safar.

Erman Safar juga mengatakan, Karena melihat kondisi dana yang tersedia dengan jumlah bantuan yang akan disalurkan tidak seimbang, maka Pemerintah berusaha untuk menghubungi pihak lain. Alhamdulillah, diantaranya Baznas Provinsi Sumatra Barat bersedia membantu Kota Bukittinggi sebanyak Rp200 juta untuk 400 KK, sesuai ‘asnaf yang delapan’.

Wako Erman Safar juga berharap, zakat yang disalurkan tersebut bisa dimanfaatkan oleh warga penerima untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, jangan dibelikan kepada yang kurang penting. Sehingga kebutuhan utama sehari-hari dapat dipenuhi.

Sementara Ketua Baznas Bukittinggi Masdiwar, didampingi Kepala Pelaksana M. Defrisal menjelaskan, pandemi Covid-19 masih melanda Bukittinggi. Penerapan PPKM oleh Pemerintah, sebutnya, tidak dimungkiri berdampak terhadap perekonomian sebagian besar masyarakat.

“Kami dari Baznas Bukittinggi dibantu penuh Baznas Provinsi Sumatra Barat, bekerjasama dengan Pemerintah Kota, menyalurkan bantuan sebesar Rp500.000/KK untuk 400 KK, sesuai ‘asnaf yang delapan’,” jelas Masdiwar .

Sementara itu Ketua Baznas Sumbar, diwakili Wakil Ketua IV Subhan, menyampaikan, Baznas Provinsi Sumatera Barat merasa terpanggil untuk membantu warga masyarakat Kota Bukittinggi yang terdampak akibat penerapan PPKM. Sehubungan dengan hal tersebut, Baznas Provinsi Sumatera Barat turut mendistribusikan bantuan dari muzakki untuk 400 mustahik di Kota Bukittinggi. “Kami dari Baznas Pusat, Provinsi dan juga Baznas Kota, merasa bertanggungjawab untuk menyelesaikan, membantu masyarakat yang masuk dalam ‘asnaf delapan’, khususnya yang terdampak dari PPKM. Semoga bermanfaat dan berkah bagi para muzakki,” ujar Subhan mengakhiri. (A/M)

 

About Mardi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Polsek Pangkalan Kuras Gelar Operasi Yustisi Protokol Kesehatan di Pasar Kaget

PELALAWAN, newshanter.com – Polsek Pangkalan Kuras Resort Pelalawan kembali lakukan operasi yustisi ...