Home / Kota Palembang / Pemerintah RI Akan Menskenario Wabah Covid-19 Menjadi Endemi

Pemerintah RI Akan Menskenario Wabah Covid-19 Menjadi Endemi

Palembang,newshanter.com – Pemerintah Indonesia akan menskenario wabah covid-19 di Indonesia menjadi endemi, nasib kasus covid-19 sebagai pandemi akan di akhiri sebagai wabah endemi di Indonesia.

Wakil presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah memprediksi wabah covid-19 di Indonesia tidak akan lenyap dengan singkat, sebelum penemuan obat mujarab untuk mengobati pasien covid-19.

Katanya, pemerintah tengah menyiapkan skenario menuju fase endemi Covid-19. Menurutnya pemerintah akan terus menerapkan protokol kesehatan dan melanjutkan pelaksanaan vaksinasi covid-19.

“Pemerintah sedang menyiapkan skenarionya secara lebih detail untuk menghadapi masa endemi,” kata Wapres kepada pewarta antara usai meninjau Sentra Vaksinasi COVID-19 di Kampus UI Salemba Jakarta, Selasa.

Lanjutnya, pemberian dosis tambahan atau booster merupakan salah satu strategi penanganan pandemi covid-19 menuju endemi.

Bahkan sejumlah negara sudah mulai mempertimbangkan pemberian booster kepada masyarakat guna meningkatkan kekuatan imun pada tubuh.

“Secara lebih detail itu memang sedang disiapkan skenarionya seperti apa, yang pasti penerapan protokol kesehatan ketat dan vaksinasi akan berlanjut sampai tiga kali dosis atau booster, ini yang sekarang dilakukan pemerintah”, lanjutnya.

Lalu apa yang membedakan antara pandemi dan endemi.

Yudhi Setiawan kepala bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular dinas kesehatan kota Palembang menjabarkan, pandemi dan endemi merupakan istilah untuk menyebutkan tingkatan penyebaran suatu penyakit. Selain endemi dan pandemi ada satu tingkatan lagi yang berada di antara keduanya yakni epidemi.

Seperti contoh, endemi merupakan apabila penyakit muncul dan menjadi karakteristik suatu wilayah, misalnya seperti malaria di Papua dan demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia, kedua penyakit ini adalah endemi sebab penyakit ini terus ada di wilayah tersebut namun dengan kuantitas kasus cenderung rendah.

Lalu bila epidemi adalah penyakit atau wabah yang mulai menyebar dan meluas dari suatu wilayah, hingga mempengaruhi populasi penduduk di suatu wilayah atau negara, misalnya seperti virus Ebola yang muncul pada negara republik demokratik Kongo atau flu burung ( H5N1) di Indonesia pada 2012.

Dan untuk Pandemi adalah penyakit atau wabah yang menyebar secara serempak menyeluruh dan dapat di temui di hampir setiap negara. Dengan kata lain penyakit ini sudah menjadi masalah bagi umat manusia di seluruh dunia. Seperti contoh virus HIV/Aids atau influenza pada masa perang dunia menyebabkan kematian hingga 50 juta jiwa.

Menurut Yudhi Setiawan bila covid-19 teah menjadi endemi di Indonesia, sudah tidak adalagi kebijakan kebijakan yang menekan aktivitas masyarakat, seperti penerapan PPKM guna menekan mobilitas masyarakat.

“Jadi nanti kalau covid19 sudah ditetapkan sebagai endemi kemungkinan tidak ada lagi PPKM, masyarakat tetap bisa beraktivitas normal seperti biasa, dan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan termasuk meningkatkan cakupan vaksinasi,”terang Yudhi Setiawan saat di konfirmasi via WhatsApp.

Dengan kata lain, harapan masyarakat dapat berdampingan dengan covid-19 dapat berlangsung baik apabila karakteristik dari wabah covid-19 menjadi endemi di Indonesia. Meski demikian Yudhi Setiawan menekankan perlindungan dengan menerapkan protokol kesehatan harus terus diterapkan.

Yudhi juga menekankan terkait vaksinasi covid-19 merupakan cara guna pengendalian pandemi covid-19, guna menuju endemi makan cakupan vaksinasi covid-19 minimal 70 persen dari populasi penduduk Indonesia.

“Yang perlu diperjelas dengan regulasi adalah bagaimana pengawasan dan sanksi terhadap masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, karena covid19 kemungkinan susah untuk hilang sama sekali maka kemungkinan kita akan lama hidup berdampingan dengan covid-19,”pungkasnya. (derla)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Dinkes Kabupaten OKI Bersama CV Viviar Indo Pratama Gelar Workshop, Berikut Disampaikan Para Narasumber

Palembang, newshanter.com – Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Bangunan, dan Investasi Dr ...