Home / Nasional / Sumatera Barat / Payakumbuh / Pembinaan TP-PKK Kelurahan Padang Tinggi Piliang, Kadis Nakerin : “Masyarakat Harus Cerdas”.

Pembinaan TP-PKK Kelurahan Padang Tinggi Piliang, Kadis Nakerin : “Masyarakat Harus Cerdas”.

Payakumbuh, NewsHunter.com — Dalam rangka persiapan lomba TP-PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat, TP-PKK Kelurahan Padang Tinggi Piliang mengadakan pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang dilaksanakan di Kantor Lurah Padang Tinggi Piliang, Kamis (6/5).

Dalam pembinaan program kesejahteraan keluarga, TP-PKK Kelurahan Padang Tinggi Piliang mendapat pembinaan dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Dinas Koperasi dan UKM dan Dinas Pendidikan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Wal Asri didampingi oleh Kabid Koperasi dan UKM Faisal dan Dinas Pendidikan Syafni hasni yang menjadi narasumber dalam pembinaan pokja mengatakan masyarakat harus cerdas. Pendapatan dengan pengeluaran harus diperhitungkan. Jangan sampai permasalahan keuangan ini menjadi beban dalam membina rumah tangga. Untuk itu masyarakat harus paham tentang strategi peningkatan ekonomi keluarga.

Srategi peningkatan ekonomi keluarga adalah dengan peningkatan pendapatan dan pengurangan pengeluaran. Untuk peningkatan ekonomi keluarga bisa memanfaatkan pekarangan rumah yang notabene tidak perlu mengontrak tempat usaha tapi tetap bisa melakukan usaha.

“Usaha yang bisa dilakukan untuk peningkatan pendapatan keluarga adalah beternak ikan dan bercocok tanam di pekarangan rumah. Hal ini bisa menjadi pendapatan sampingan untuk membantu keuangan keluarga, sehingga nantinya ini akan menambah pendapatan keluarga secara rutin,” Terang Wal Asri.

Wal Asri menambahkan, Disaat pandemi covid-19 hanya 2 usaha yang tidak berpengaruh dengan adanya pandemi covid adalah usaha makanan dan pedagang online.

“Usaha yang dimaksud adalah usaha makanan yang higienis dan bermutu. Disaat usaha itu bermutu dan memiliki inovasi, akan menjadi incaran bagi customer dan menjadi keuntungan untuk peningkatan ekonomi keluarga. Apalagi usaha ini dikombinasi dengan penyaluran dan penjualan secara online, maka usaha yang kita buat memiliki pasar yang lebih besar dan juga keuntungan yang lebih menjanjikan,” Ujar Wal Asri.

Diakhir pembinaannya, Wal Asri menyampaikan bagi masyarakat yang memiliki usaha, namun masih belum berkembang dan pemasarannya belum terarah, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian siap membantu dan mengarahkan pemasaran usaha tersebut.

” Diharapkan dengan adanya pembinaan ini ada tindak lanjut dan semangat dari TP-PKK sebagai ujung tombak yang akan mengayomi masyarakat dalam UP2K. Kami selalu siap membantu masyarakat untuk pengembangan usaha, keberhasilan masyarakat adalah keberhasilan bagi pemerintah,”pungkas Wal Asri.

(YQ)

About redaksi Payakumbuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Rezka Oktoberia Ingatkan KPUD Sumbar Soal Persiapan Pemilu Dan Pilkada Serentak 2024

Padang, NEWSHANTER.COM— Salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 06-01-2021 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2021 12:00 am UTC