Home / Kota Palembang / Pelantikan Pengurus DPD HAPI Sumsel

Pelantikan Pengurus DPD HAPI Sumsel

Palembang,newshanter.com – Himpunan Advokat/Pengacara Indonesia (HAPI) Provinsi Sumatera Selatan menggelar pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sumsel yang digelar di Hotel Hotel Grand Inna Daira Palembang, Rabu (28/7/2021).

HAPI didirikan di Jakarta pada Tanggal 10 Februari 1993 yang merupakan organisasi yang mandiri profesional independen, dan berperan dalam proses penegakan hukum di Indonesia serta sebagai pelayan kepada masyarakat.

Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru yang turut hadir dalam pelantikan tersebut meminta agar para sarjana hukum yang bergabung di HAPI ini memberikan literasi hukum kepada masyarakat.

“Kita masih butuh para sarjana hukum yang tergabung dalam berbagai organisasi khususnya HAPI ini untuk dapat bersosialisasi kepada masyarakat dengan tujuan agar semua keluarga di Sumsel  mengerti hukum serta sadar akan pentingnya hukum dan dapat mengetahui mana yang menjadi kewajiban dan hak mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD HAPI Sumsel Saharudin, SH mengatakan DPD HAPI Sumsel telah melantik sebanyak 43 orang semua kepengurusan dari DPD HAPI saja .

“Kami telah melaksanakan pelantikan yang disebut Legal Standing Publik yang artinya bagaimana pelantikan ini semua publik itu bisa mengakses dan bisa mengetahui,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sahrudin menambahkan visi misi kami yaitu bagaimana anggota bisa menjalankan profesi dan kuasa kepada anggota untuk mengedepankan integritas, profesional, tanggung jawab, independen.

“Kami segera pembenahan diri untuk rekrutmen terhadap anggota yang ingin dihimpun di dalam suatu organisasi HAPI ini.Kami akan melakukan kerjasama. Kami juga akan mengusung rencana untuk kerjasama kepada ASN dan perguruan tinggi. Untuk mahasiswa fakultas hukum dimulai dari semester lima itu sudah boleh untuk pendidikan profesi advokat dan kepada ASN yakni instansi kepolisian dan instansi yang lainnya yang berbasis hukum tentu boleh untuk melaksanakan pendidikan profesi advokat tersebut,” bebernya.

Dikatakannya, apabila ada yang berminat menjadi advokat/lawyer tentunya harus melepaskan dulu atau dia bersabar menunggu pensiun. Baru ditindak lanjut dengan yang lain yaitu test, sumpah pt untuk legal standingnya.

“Kami menghimbau kepada semua rekan-rekan yang belum advokat ataupun yang masih berstatus mahasiswa, PNS jangan urungkan niat untuk pendidikan khusus profesi advokat,” pungkasnya. (vina)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Kapolda Sumsel Terima Audiensi PWNU

Palembang,newshanter.com – Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Toni Harmanto, M.H. menerima audiensi ...