Home / Budaya/Wisata / Pagelaran Dulmuluk Tampil Di Pameran Bersama Museum Negeri Sumatera Selatan

Pagelaran Dulmuluk Tampil Di Pameran Bersama Museum Negeri Sumatera Selatan

Palembang,newshanter.com – Dalam memeriahkan Pameran Bersama Museum Negeri, Warisan Budaya. Pagelaran Dulmuluk ikut tampil di Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa, Sabtu (14/11/2020).

Kepala Museum Negeri Sumatera Selatan H Chandra Amprayadi, SH mengatakan Pagelaran seni teater ini merupakan bagian dari pameran merupakan agenda tahunan.

“Karena masih suasana pandemi, maka pameran dilaksanakan dengan menerapkan perilaku tatanan baru, dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu Sutradara Pagelaran Dulmuluk Kamsul Aharla mengatakan Kali ini Pagelaran Dulmuluk mengambil judul “Raja Manggala”, yang diperankan oleh anak-anak Sanggar Budaya Palembang Nian yang dibalut dengan unsur komedi. Menceritakan kisah raja yang diktator, ingin mempersunting putri Siti Zahara dari kerajaan Yaman.

“Karena raja Yaman tidak menerima lamaran raja Manggala, maka terjadilah peperangan ke dua kerajaan tersebut”, ujarnya.

Kerajaan Yaman kewalahan, meminta raja Manggala melanjutkan peperangan dalam hitungan tujuh purnama kedepan, jika kerajaan Yaman kalah maka diizinkannya putri Siti Zahara menikah dengan raja Manggala.

Munculah sosok pangeran Abidin dari kerajaan Saruatan, berbaik hari membantu kerajaan Yaman agar menang dalam peperangan nanti. Pada peperangan ke dua, kerajaan Manggala Kalah dengan kerajaan Yaman.

“Untuk membalas budi kepada Kerajaan Saruatan, putri Siti Zahara di nikahkan dengan Pangeran Abidin”, pungkasnya. (vina)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Jun Manurung CS Siapkan Gugatan Pembatalan Hasil Musorkot KONI Prabumulih 2021

Prabumulih,newshanter.com – Musyawarah Kota (Musorkot) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Prabumulih ...