Home / Nasional / Sumatera Barat / Payakumbuh / Niatnya Bersihkan Pandam Pakuburan, Eh Api Di Rumpun Bambunya Kebesaran

Niatnya Bersihkan Pandam Pakuburan, Eh Api Di Rumpun Bambunya Kebesaran

Payakumbuh, NEWSHANTER.COM — Bagi pemadam kebakaran tidak ada hari libur, karena penyelamatan jiwa tak mengenal waktu, harus siap sedia kapanpun dibutuhkan. Seperti yang dilakukan Damkar Kota Payakumbuh.

Pada Minggu (14/11) dini hari sekitar pukul 1.40 WIB melakukan pemadaman terhadap kebakaran sebuah Gudang milik Sinta Lofina Sari (27 tahun) di Perumahan Palans Griya Permai Jalan Kemuning Kelurahan Payolansek Kecamatan Payakumbuh Barat.

Menurut keterangan Kabid Damkar Budi Kurniawan kepada media menerangkan kondisi rumah sedang kosong karena penghuninya pergi berobat ke Pasaman, lalu terjadi korsleting listrik di gudang, mengakibatkan dua unit sepeda motor matic terbakar.

“Karena cukup ramai perumahan, maka kami turunkan semua armada, beruntung api tidak melahap keseluruhan gedung dan rumah, serta tak ada korban jiwa,” kata Budi.

Kejadian kedua masih di hari yang sama sekitar pukul 9.40 WIB, pada saat melaksanakan sosialisasi kebakaran di posko PMI Kota Payakumbuh, Damkar juga menerima laporan dari masyarakat Kelurahan Padang Tangah Balai Nan Duo, Kecamatan Payakumbuh Barat untuk memadamkan api yang membakar rumpun bambu saat melaksanakan gotong royong di pandam pakuburan.

“Awalnya api yang membakar kecil, namun tiba-tiba membesar, sehingga membuat warga panik sehingga menghubungi damkar yang sedang standby di posko. Kami memberikan bantuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” Kata Budi didampingi Kasi Ops Eci SH dan Danton Indra Jaya dan Danru 1 Novianto Nizar.

Budi menjelaskan, terkait masih minimnya sarana prasarana, Damkar Kota Payakumbuh akan terus berusaha memberikan pelayanan penyelamatan jiwa kepada masyarakat. Budi menghimbau masyarakat agar waspada api, selalu mengecek apakah tidak ada sumber api saat meninggalkan rumah ataupun toko, karena resiko bencana bisa saja terjadi.

“Warga bisa meminta bantuan damkar untuk penyelamatan jiwa, atau evakuasi hewan berbisa dan berbahaya seperti tawon, biawak, ular, dan hewan lainnya dengan menghubungi quick response Pemadam Kebakaran di nomor 0752-92913,” ujarnya.

 

(***)

About redaksi Payakumbuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

DP3AP2KB Kota Payakumbuh Tunjuk 5 Kelurahan Sebagai Pilot Project Kelompok Ketahanan Keluarga

Payakumbuh, NEWSHANTER.COM — Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, ...