Home / Aceh / Mantan Pj Bupati Syahbuddin Usman Tutup Usia, Bupati Mursil Ungkapkan Dukacita Mendalam 

Mantan Pj Bupati Syahbuddin Usman Tutup Usia, Bupati Mursil Ungkapkan Dukacita Mendalam 

Aceh Tamiang, newshanter.com -Sehari pasca berpulangnya almarhum Ir. H. Syahbuddin Usman, M.Si, Penjabat Bupati Aceh Tamiang periode 2006-2007, Bupati Mursil bertakziyah ke rumah duka yang beralamat di Gampong Teumpok Teungoh, Lhokseumawe, Jumat (12/8/2022) kemarin.

Kedatangan Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn, bersama sejumlah Kepala SKPK disambut keluarga almarhum dengan hangat. Sembari berbincang ringan, Mursil turut memperkenalkan rombongan yang menyertainya.

Bupati Mursil bersama rombongan dan keluarga kemudian membacakan samadiyah dan do’a-do’a yang ditujukan untuk almarhum. Kepada keluarga, Bupati menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas tutup usianya Pj. Bupati yang sukses mengawal Pilkada langsung pertama yang digelar di Aceh Tamiang pada 2007 silam.

“Pemkab Aceh Tamiang sangat kehilangan atas kepulangan Bapak Syahbuddin Usman. Almarhum adalah orang tua dan kolega yang baik bagi kami, jajaran pemkab dan masyarakat, yang tetap memberikan masukan-masukan bagi kemajuan Bumi Muda Sedia”, sebut Mursil.

Tokoh yang pernah memimpin pemerintahan Bumi Muda Sedia tersebut meninggal dunia 10 hari usai merayakan ulang tahunnya yang ke-67 pada 1 Agustus 2022 kemarin.

Dalam menjalani hari-hari pensiun, almarhum Syahbuddin Usman selalu terlihat segar. Ia juga cukup aktif bermedia sosial. Namun, Jumat akhir pekan lalu almarhum terpaksa dirawat di rumah sakit karena penyakit diabetes yang dideritanya. Dalam sepekan terakhir, ia sempat dua kali masuk rumah sakit yaitu pada Jumat pekan lalu, dan keluar Senin, kemudian kembali menjalani rawat inap pada Selasa (9/8/2022) hingga Rabu malam, Syahbuddin Usman menghembuskan nafas terakhirnya di RSU Sakinah, Lhokseumawe.

Almarhum Syahbuddin Usman menjadi Sekda Kabupaten Aceh Utara pada masa Bupati Aceh Utara Ilyas A. Hamid periode 2007-2012, berlanjut hingga tahun pertama kepemimpinan Bupati H. Muhammad Thaib. Jabatannya sebagai Sekda Aceh Utara berakhir pada 31 Agustus 2013 karena memasuki usia pensiun.

Sebelum menjabat sebagai Sekda Aceh Utara, Syahbuddin Usman pernah menjadi Kepala Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kabupaten Bireuen semasa Pj. Bupati Drs. Hamdani Raden. Dari situ, ia mendapat promosi menjadi Kepala Dinas Kimpraswil Aceh, yang lantas mengantarkan dirinya dilantik sebagai Penjabat Bupati Aceh Tamiang periode 2006-2007.

Pemerintahan Kabupaten Aceh Tamiang di era Syahbuddin Usman sukses menyelenggarakan dan mengawal hajatan demokrasi lokal terbesar, Pemilihan Kepala Daerah Langsung yang pertama kali digelar. Pilkada langsung tersebutlah yang melahirkan Bupati dan Wakil Bupati defenitif pertama di kabupaten ujung timur Aceh ini.

Syahbuddin Usman adalah putra asli Samalanga, kelahiran 01 Agustus 1955, menempuh pendidikan menengah di STM Negeri 1 Banda Aceh, mendapatkan gelar sarjana dari Jurusan Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala. dan Jurusan Technical Irrigation di The University of Suwon International College, Korea Selatan.

Di luar karirnya dalam pemerintahan, Syahbuddin Usman juga tercatat sebagai pendiri dan anggota Dewan Pembina Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh/Panti Asuhan (Yakesma) Banda Aceh, yang selama ini aktif menampung, membina dan melanjutkan pendidikan anak-anak yatim dan anak keluarga kurang mampu. (SAG08)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Berbagai Asosiasi Pariwisata Berkumpul Bersama, Ini Tujuan Dan Pesan Dari Peringatan Hari Pariwisata Dunia

Palembang, newshanter.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera (Sumsel) menghadiri ...