Home / breaking / Launching Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi Sumatera Selatan

Launching Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi Sumatera Selatan

Palembang,newshanter.com – Launching Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi Sumsel yang di gelar kantor unit UDD di Jalan Sukajaya km 5,5 kelurahan Palembang, Rabu (30/9/2020).

Herman Deru Gubernur Sumatera Selatan mengatakan, agar Pemerintah kota Palembang mensinergikan unit donor darah dan memberantas transaksi darah. Saya minta Wakil Walikota Palembang yang juga ketua PMI kota Palembang untuk mensinergikan ini. Kita harus berantas transaksi darah, jadi yang ada transfusi darah bukan transaksi darah,” katanya.

Dia juga menambahkan, mentang PMI Provinsi untuk terus meningkatkan aktivitasnya, sehingga keberadaan PMI khususnya dalam penyediaan darah dapat semakin dirasakan masyarakat.
Membangun aktivitas itu lebih sulit daripada membangun infrastruktur. Untuk itu, kita manfaatkan infrastruktur yang sudah untuk menghidupkan pelayanan, salah satunya pelayanan donor darah,” bebernya.

Menurutnya, selama ini belum ada layanan unit donor darah yang dibuat menyeluruh. Sebab itu, dengan dibuatnya UDD PMI ini diharapkan dapat menjadi wadah pendonor darah sehingga darah tersebut dapat tersalurkan dengan baik.

“Saya yakini darah yang ada disini pasti akan terdistribusi dengan benar. Satu hal yang paling penting, disini tidak ada transaksi darah, karena UDD PMI ini merupakan organisasi yang berorientasi pada misi kemanusiaan, UDD bukan hanya bertugas menerima donor darah, tapi juga mendistribusikannya,” terangnya.

“Harapan kita setelah ada UDD ini dan tugas wartawan juga menyampaikan kepada masyarakat, bahwa kita ada unit pelayanan donor darah, dan disini pasti darah itu akan dimanfaatkan dengan benar dan terdistribusi dengan benar. Satu hal yang paling benar, pasti tidak ada transaksional disini,” jelasnya.

Sementara itu Febrita Lustia Ketua PMI Sumsel mengungkapkan, sejauh ini pihaknya telah mensosialisasikan kepada masyarakat, untuk jangan takut mendonorkan darah, karena darah sangat berguna bagi masyarakat

“Jadi disini ada UDD Provinsi dan dua gerai yang ada di los kesehatan korpri Sumsel dan di RSUD Siti Fatimah. Tujuannya agar masyarakat juga bisa mendonorkan darahnya dibeberapa titik. Pihaknya juga melakukan jemput bola atau donor darah keliling bagi para komunitas yang ingin atau tidak sempat mendonorkan darahnya. Jadi kami datang ketempat ini kami mendonorkan darah,” paparnya.

Untuk pendonor darah ditengah pandemi COVID-19 saat ini, pihaknya mewajibkan para pendonor harus di rapid tes terlebih dulu. Hal itu untuk menghindari penyebaran COVID-19 sekaligus mengecek kesehatan pendonor.
Kita tidak bisa memberikan darah itu kepada orang langsung, jadi harus di tes dan di cek dulu. Apakah dia sehat atau tidak, ada gejala atau tidak,” pungkasnya. (Ocha)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Kapolda Sumsel Terima Audiensi PWNU

Palembang,newshanter.com – Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Toni Harmanto, M.H. menerima audiensi ...