Home / Nasional / Sumatera Barat / Agam / KPU Agam adakan Simulasi, Antisipasi Kluster Covid-19 Saat Pilkada 9 Desember mendatang

KPU Agam adakan Simulasi, Antisipasi Kluster Covid-19 Saat Pilkada 9 Desember mendatang

Bukittinggi, News Hanter.com- Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) di sumatera barat semakin dekat, dan di masa Pandemi Covid-19 ini dan untuk mengatasai penyebaran Virus Covid-19, KPU Agam melakukan Simulasi di Lapangan SLTP N 2 Tilatang Kamang Kabupaten Agam, Sabtu (21/11/20)

Tujuan diadakan Simulasi ini agar mengetahui sejauh mana persiapan yang dilakukan oleh KPU  dalam pilkada untuk mengatasi penyebaran Covid-19, agar nantinya  tidak terjadi pelanggaran Protokol Kesehatan (Prokes) pada pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember mendatang.

Pada acara simulasi itu nampak hadir Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara, SH, Sik, MH beserta jajaran dan pihak penyelenggara Pemilu yaitu KPU Agam dan Bawaslu Agam, Dandim 0304/ Agam yang di wakili Oleh Kadim Mayor Masrizal, Bupati Agam diwakili Kaban Kesbang Kab. Agam Winelson, Camat Tilkam Ade Herlin, KPU Kota Payakumbuh, KPU 50 Kota, KPU Tanah Datar, dan PPK se Kab. Agam

Dalam acara simulasi ini, semua yang hadir ikut serta mempraktikkan tata cara dari awal pencoblosan hingga meninggalkan lokasi TPS, mulai dari pendaftaran, tatacara menunggu, masuk TPS, menandai jari dengan tinta, sampai keluar dari lokasi TPS.

KPU agam Zainal Abadi Divisi Tekhnis mengatakan pilkada saat ini berbeda tata-cara pelaksanaannya karena sekarang kita berada dimasa Pandemi Covid -19.

“Pelaksanaan pilkada harus mengikuti standarisasi kesehatan dunia, agar tidak ada kluster baru nantinya,” ujarnya, Zainal Abadi

Zainal Juga Mengatkan, Pelaksanaan simulasi ini juga bertujuan agar tidak terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan pilkada pada 9 Desember mendatang dimasa Pandemi ini.

“Kita perlu melakukan simulasi ini secara masif, agar petugas pemilihan atau TPS dan pemilih dapat memahami tata-cara pemilihan masa pandemi, sehingga saat hari-H semua berjalan baik dengan tanpa ada kendala dan masyarakat tetap sehat,” sambung Zainal.

Dalam pelaksanaan Pilkada, Zainal berharap masyarakat tidak takut datang ke TPS dalam menentukan pemimpin pilihannya untuk 5 tahun mendatang, tetap menjaga dan taat pada protokol kesehatan, ungkap Zainal Mengakhiri percakapan ( A/M )

About Mardi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

COVID-19 Belum Berakhir, Polsek Pangkalan Kuras Kembali Gelar Operasi Yustisi Protokol Kesehatan

PELALAWAN, newshanter.com – Polsek Pangkalan Kuras Resort Pelalawan kembali lakukan operasi yustisi ...