Home / Kota Palembang / Kolam Retensi Dibutuhkan Sebagai Upaya Pengendalian Banjir

Kolam Retensi Dibutuhkan Sebagai Upaya Pengendalian Banjir

Palembang,newshanter.com – Kolam retensi dibutuhkan sebagai Upaya pengendalian Banjir hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Anggota Komisi IV DPRD Sumsel Dr Ir H Syamsul Bahri MM ketika diwawancarai usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Sumsel, Senin  (27/09/2021).

Menurutnya bahwa hujan yang turun akhir akhir ini disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi dan perlu penanganan lebih lanjut termasuk kita juga dapat melihat tata ruang Kota Palembang di mana banyak tempat yang rendah dan perlunya kita lakukan penanganan dan banjir ini.

Perlu kita ketahui bahwa hujan ini adalah kehendak yang maha kuasa dan tidak ada manusia yang bisa menahan hujan namun kita juga perlu juga memikirkan di mana tempat penampungan air hujan yang turun tersebut. Ungkap Politisi Nasdem ini

Lebih lanjut, Syamsul mengatakan Sebaiknya Dinas PU BM dan PSDA agar lebih banyak membuat kolam retensi untuk menampung debit air yang cukup tinggi.

Kemudian kita juga perlu membenahi drainase dengan menyinkronkan dengan tata ruang Kota Palembang agar bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat dengan merevisi rencana tata ruang wilayah kota Palembang. Jelasnya

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi dan mengendalikan air hujan yang turun sehingga banjir di Kota Palembang dapat segera diatasi.

Dikatakan oleh Mantan Kepala Dinas PU PSDA Provinsi Sumsel ini kita perlu sebanyak 6 kolam retensi lagi.

Misalnya seperti di jalan basuki rachmat itu drainase yang perlu dibenahi dengan cara melebarkan drainase nya saat ini seperti yang kita lihat drainase nya tidak di lebarkan hal tersebut menjadi persoalan justru itu ada pembenahan ketika jalan nya dilebarkan maka drainase nya perlu di lebarkan sehingga air hujan tersebut dapat dialiri dan tidak terjadi genangan.

Langkah tersebut dinilai cukup efektif dalam mengatasi persoalan banjir yang ada di Kota Palembang. (are)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Laga Persahabatan, Tim PWI Bersama Pemkab Pelalawan Bantai Tim Pemcam Pangkalan Kuras 2-0

PELALAWAN, NEWSHANTER.COM – Pertandingan persahabatan antara PWI Pelalawan bersama Pemkab Pelalawan, diperkuat ...