Kementerian PUPR Ikut Kolaborasi Dalam Penurunan Angka Stunting

PANGKALPINANG – Stunting merupakan kondisi kekurangan gizi kronis yang ditandai dengan gagal tumbuh, gagal kembang dan gangguan metabolisme pada anak balita, terutama pada 1.000 hari pertama sejak dalam kandungan. Dan beberapa daerah di Indonesia, masalah stunting menjadi masalah yang cukup serius untuk segera ditangani.

Masalah stunting di Indonesia secara global telah dikoordinir oleh Kementerian Kesehatan, namun ada beberapa hal khususnya dalam rangka intervensi gizi sensitif, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bertanggung jawab dalam ketersediaan air minum dan sanitasi layak.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya terus berupaya dalam penurunan angka stunting, yang dilaksanakan melalui Program Padat Karya yang bertugas dalam penyediaan sarana prasarana air bersih dan akses sanitasi layak.

Khususnya di Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada tahun 2019 Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepulauan Bangka Belitung sebagai perpanjang tangan Kementerian PUPR didaerah telah membangun 341 unit WC Individual untuk 8 desa dan telah melayani 1.332 jiwa di Kabupaten Bangka Selatan. Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Kementerian PUPR dalam penurunan angka stunting khususnya di Kabupaten Bangka Selatan.

Dalam penanganan masalah stunting bukan hanya tugas pemerintah saja, namun tentunya perlu kolaborasi berbagai pihak terutama pelibatan masyarakat itu sendiri, yang diharapkan masyarakat lebih merasa memiliki infrastruktur yang telah dibangun tersebut, sehingga pemeliharaannya terjamin. Dan juga tugas pemerintah untuk terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya asupan gizi dan prilaku hidup bersih dan sehat. (doni/rel)

About Donny NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

loading...




Komentar Terbaru

    Pos-pos Terbaru

    x

    Berita Lain

    Pj Kepala Daerah Bisa Pecat dan Mutasi ASN

    PANGKALPINANG – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro meluruskan informasi yang ...