Home / Nasional / Sumatera Barat / Kapolres Pimpin Apel Pasukan Pengamanan Operasi Lilin 2020
Kapolres Tanah Datar-AKBP Rokhmat Hari Purnomo didampingi wakil ketua Pokdar Kamtibmasy Tanah Datar mustafa akmal Dt Sidi Ali dan kasat Satpol PP Yusnen dan pengurus MUI Tanah Datar sesuai apel operasi lilin (foto M akmal)

Kapolres Pimpin Apel Pasukan Pengamanan Operasi Lilin 2020

Tanah Datar,newshanter.com – Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmat Hari Purnomo pimpin apel pasukan pengamanan operasi lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2021.

Apel itu juga dihadiri Plt. Bupati Zuldafri Darma, Dandim 0307 Letkol Inf. Wisyhuda Utama, Kajari, kepala perangkat daerah terkait serta instansi dan wakil ketua Pokdar Kambtibmasy mustafa akmal Dt Sidi Ali dan organisasi lainnya, yang dilaksanakan dimuka Gedung promosi Batusangkar.

Dalam apel tersebut Kapolres Tanah Datar membacakan sambutan Kepala Polisi Republik Indonesia, Apel gelar pasukaan Operasi lilin 2020 dilaksanakan dalam rangka operasi pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru serta dalam upaya penegakan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai covid-19 di tengah pandemi.

Pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah hukum Polri di Indonesia selama 15 hari dimulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai 04 januari 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal tahun dan Tahun Baru 2021. Dengan menegakan protokol kesehatan covid-19 ditempatkan obyek obyek wisata, dan pusat keramaian  berupa himbauan preemtif dan preventif pelaksanaan hukum dalam mengantisifasi timbulnya kerumunan massa yang bisa mengakibatkan timbulnya kluster baru covid-19.

Peningkatan aktivitas masyarakat pada perayaan natal dan tahun baru bisa meningkatkan gangguan kamtibmas, kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan.

Untuk itu Polri menggelar operasi Lilin tahun 2020 dengan mengkedepankan preventif secara humanis serta menerapkan protokol kesehatan, sehingga masyarakat yang merayakan Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 mendapatkan rasa aman dan nyaman.

“Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu itu akan menjadi catatan sejarah dalam hidupmu yang akan kamu torehkan dan ceritakan pada anak cucumu kelak,” ujarnya.

Kemudian khusus untuk dijajaran Polres Tanah Datar Untuk pengamanan Operasi Lilin Kapolres , tim terpadu akan turun ke lapangan untuk meninjau dan menertibkan berbagai potensi gangguan yang mungkin ditimbulkan.

“Kita berharap libur natal dan tahun baru 2021 tidak menimbulkan klaster baru kasus Covid-19 di Tanah Datar, karenanya kita akan razia lokasi wisata atau tempat lain yang berpotensi ciptakan kerumunan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu Plt. Bupati H. Zuldafri Darma meminta masyarakat masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas yang berpotensi menciptakan keramaian.

“Seperti yang ditekankan Kapolri disampaikan Kapolres, pihak keamanan menekankan dan memfokuskan pengamanan tahun ini dalam pemutusan penyebaran Covid-19 di mana kerumunan menjadi salah satu faktor utama penyebarannya, karena itulah kita menghimbau masyarakat jangan merayakan tahun baru di tempat-tempat wisata atau keramaian lainnya, tetaplah di rumah saja, isi dengan kegiatan yang lebih bermanfaat,” ujarnya. (M Akmal)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Kapolda Sumsel Terima Audiensi PWNU

Palembang,newshanter.com – Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Toni Harmanto, M.H. menerima audiensi ...