Home / Kota Palembang / KAGAMA Dan PDHI Sumsel : 2 Ton Disiapkan Untuk Memperingati Hari Telur Dunia

KAGAMA Dan PDHI Sumsel : 2 Ton Disiapkan Untuk Memperingati Hari Telur Dunia

Palembang,newshanter.com – Pemerintah kota (Pemkot) Palembang dalam hal ini Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang menghadiri kegiatan peringatan Hari Telur Dunia 2021 bersama Keluarga Alumni Gajah Mada (KAGAMA) dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Dimana kali ini mengambil tema peduli pengentasan stunting dan peningkatan gizi melalui donasi telur untuk anak-anak sekolah dimasa pandemi covid-19. Dimana kegiatan ini dipusatkan dihalaman kampus Universitas Taman Siswa (Tamsis) Palembang, Rabu (22/9/2021).

Dikatakan Sekda Kota Palembang Drs Ratu Dewa, saya kira ini cukup baik dalam rangka memperingati Hari Telur Dunia, maka dari itu temanya adalah tentang pengentasan stunting dan juga masalah gizi.

Kebetulan ini juga salah satu program prioritas Walikota Palembang, sehingga paling tidak angka stanting dan gizi buruk kita bisa dtentaskan atau dikurangi, ujarnya.

Kemudian, untuk itu dari Pemkot Palembang menyambut baiklah dari kegiatan yang bersinergi dari KAGAMA, PDHI yang difasilitasi oleh Perguruan Tinggi dalam hal ini Rektorat Kampus Universitas Tamsis.

Kita berikan apresiasi dari Pemkot Palembang, apalagi persoalaan telur, telur yang terdistribusi di Sumsel mayoritas di kota Palembang, ungkapnya.

Masih menurutnya, maka dari kita punya peraturan daerah (perda), punya aturan, kita hanya perlu sosialiasi, mengedukasi tidak hanya kemasyarakat umum secara umum saja, tetapi kepada anak-anak, anak-anak siswa, anak-anak sekolah dasar, anak-anak menengah, dan sekolah atas, itu substansi pentingnya.

“Saya sudah minta kepada Dinas Pertanian, kegiatan seperti ini harus ada tindaklanjuti, dan dilaksanakan skala rutin,” katanya.

Menurut Pelaksana Harian KAGAMA Sumsel DR drh Japrizal, hari ini kita memperingati hari telur, bentuk nyatanya kita membagikan telur kepada masyarakat terutama anak-anak sekolah.

Ini dalam rangka membantu mencegah stunting, meningkatkan gizi dari anak-anak sekolah.

“Untuk donasinya sendiri berasal dari anggota KAGAMA, dan anggota PDHI, dan peternak ayam cukup besar membantu di Sumsel,” bebernya.

Lanjutnya, untuk totalnya sendiri ada 2 ton 280 atau 36.500 butir semuanya, itu yang terbagi di 9 Sekolah Dasar (SD) di kota Palembang, 5 SD dikabupaten Banyuasin, dan 5 SD dikabupaten Ogan Ilir.

“Ciri-ciri telur sehat adalah telur cangkangnya masih utuh, kuning telurnya yang bagus warna kuning, dan tidak busuk itu berasal dari peternak yang dikelola dengan baik,” jelasnya.

Ditambahkannya, sebenarnya harusnya tidak ada preses sedikit pun dicangkang telur, seharusnya telur itu berasal dari peternak yang sudah disertifikasi.

Kalau kegiatan bakti sosial KAGAMA, dan PHDI lebih sering, pada saat pandemi covid-19 kemarin kita membantu beras dan disinfektan.

“Distribusi telur sendiri kita undang kepala sekolahnya, jadi mereka pulang langsung bawa telur ini,” tegasnya.(ton)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Laga Persahabatan, Tim PWI Bersama Pemkab Pelalawan Bantai Tim Pemcam Pangkalan Kuras 2-0

PELALAWAN, NEWSHANTER.COM – Pertandingan persahabatan antara PWI Pelalawan bersama Pemkab Pelalawan, diperkuat ...