Home / Kota Palembang / Kadisbudpar Sumsel : Kita Dikasih Tantangan Menyelenggarakan Kegiatan Seperti Ini Lebih Besar Kedepannya

Kadisbudpar Sumsel : Kita Dikasih Tantangan Menyelenggarakan Kegiatan Seperti Ini Lebih Besar Kedepannya

Palembang,newshanter.com – Sandi Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI menghadiri serta membuka kegiatan Festival Sriwijaya XXIX tahun 2021 bertempat di Taman Budaya Sriwijaya dijalan Seniman Amri Yahya, Jakabaring kota Palembang, Jumat (22/10/2021

Selain dihadiri oleh Menteri, juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbupar) Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal, TGUPP bidang Pariwisata H Azis Kamis, TGUPP bidang Kebudayaan Hidayat Comsu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Sumsel Herlan Asfiudin, dan para undangan lainnya.

Dikatakan Kemenparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno, teradaptasi kita kolaborasikan bersama dengan pemerintah provinsi (pemprov) Sumsel, dan harapannya ini menjadi kebangkitan, menjadi kepulihan dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Industri event ini sudah 1,5 tahun mengalami keprihatinan, dimana para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengalami situasi dimana omset mereka turun drastis,” ujarnya.

Kemudian, kita menggagas Festival Sriwijaya XXIX dengan pameran ekonomi kreatif, baik dari subsektor kuliner, maupun 17 total subsektor di ekonomi kreatif.

“Harapannya ini bisa membuka lapangan kerja dan meningkatkan penjualan para UMKM-UMKM, dan juga kami apresiasi Bupati/Walikota se Sumsel juga yang ikut hadir memberikan semangat,” ungkapnya.

Masih menurutnya, harapan ini adalah membuka peluang usaha segala lapangan kerja kembali tercipta di provinsi Sumsel, dan tahun depan kita sudah merencanakan berkolabirasi dengan praktisi event internasional

“Kita akan membawa Festival Sriwijaya ini ketingkat Internasional, sehingga kita akan mengundang partisipan dan pengunjung juga dari negara yang menjadi Kerajaan Sriwijaya,” katanya.

Menurut Kadisbudpar Aufa Syahrizal, kami ucapkan bangga dan terima kasih acara Festival Sriwijaya ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Menparekraf RI. Dimana ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana kali ini kita kolaborasikan dengan seni budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

“Jadi perpaduan, ada 3 event yakni event seni budaya ada, event pariwisata ada, dan event ekonomi kreatif ada,” bebernya.

Lanjutnya, semua teman-teman ekonomi kreatif terlibat, dan Menparekraf RI bangga, terbukti didatanginya satu persatu, dan terlihat antusias para teman-teman ekonomi kreatif menyambut kehadiran dari Menparekraf RI.

“Ini event sudah bagus, kalau bisa dibuat skala lebih besar dan skala Internasional, dan itu merupakan tantangan bagi kita, kita lihatlah tahun depan, jika pandemi covid-19 telah berakhir,” jelasnya.

Masih disampaikannya, ini merupakan pertama kali ada event yang seperti ini, dikolaborasikan antara seni budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Dimana selama ini satu persatu, kita lengkap, ada tiga kegiatan yang kita padukan dalam satu kegiatan, dan ini terpadu jadi semuanya dapat, dan semua para pelaku-pelaku usaha industri terlibat semua.

“Outputnya sendiri kebudayaan terutama kearifan lokal terangkat, dan ini merupakan pembukaan,” tegasnya.

Ditambahkannya, mulai besok malam baru bisa kita lihat bagaimana kabupaten/kota menampilkan yang terbaik dari potensi-potensi budaya yang ada dikabupaten/kota.

Kegiatan ini sendiri dimulai hari ini hingga tanggal 28 Oktober 2021 mendatang. Dan ini kita buat sistem hybrid, masyarakat bisa menyaksikan melalui live streaming atau layar-layar yang sudah disiapkan.

“Harapannya dengan adanya event ini budaya-budaya daerah akan terlestarikan dan terangkat, karena selama pandemi covid-19 ini kita tidak semangat untuk menyelenggarakan kegiatan,” pungkasnya.(ton)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Kapolda Sumsel Diwakili Karo SDM Polda Sumsel Mengikuti Peringatan HUT Korpri Ke-50

Palembang, newshanter.com – Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Toni Harmanto,MH diwakili Karo ...