Jalan TMMD Reguler Brebes Akan Mudahkan Para Pencari Pakan Ternak

 

Brebes – Adanya program TMMD Reguler ke-109 Kodim 0713 Brebes, memberikan senyuman bagi 8.448 jiwa di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sebab akses jalan pertanian diperbaiki sehingga mendekati jalan yang sudah bagus yang ada di desa-desa lain di wilayah Kabupaten Brebes.

Seperti diketahui, Kalinusu adalah sebuah desa yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani, sehingga termasuk salah satu penyangga pangan di Kota Bawang yaitu berupa padi dan jagung.

Namun saying, akses jalan di daerah ini belum sepenuhnya mendukung dalam mobilitas pertanian, sehingga para petani merasa kesulitan untuk mengangkut hasil panennya ke kota.

Tidak hanya para petani yang mengeluhkan adanya akses jalan yang kurang memadai tersebut. Kali (55), peternak sapi asal Dukuh Karanganyar RT/RW. 02, Desa Kalinusu ini, juga menyatakan hal yang sama, sehingga dipilih desanya menjadi sasaran TMMD Reguler, sangat disyukurinya karena jelas akan memangkas ongkos angkut hasil bumi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan TNI karena adanya pembuatan jalan baru ini. Ke depan jelas akan memudahkan saya dalam mencari pakan ternak,” ujarnya mengapresiasi, Kamis (17/9/2020).

Untuk itulah Kali menyatakan akan sepenuhnya terlibat membantu TNI saat RT nya mendapatkan giliran kerja bakti.

Untuk diketahui, satu unit excavator milik Kodim Brebes terus melakukan pembukaan jalan antar pedukuhan di Kalinusu (Dukuh Karanganyar-Kedung Kandri), sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, yang sudah dimulai sejak awal Pra TMMD pada pertengahan bulan lalu (15/8).

Jalan itu awalnya adalah jalan setapak dan areal persawahan warga, sehingga jika jalan nantinya jadi makan 100 KK di Dukuh Kedung Kandri akan terbebas dari keterisolasian selama puluhan tahun.

Peningkatan akses tersebut juga dibarengi dengan pembuatan talud di kanan kiri jalan sepanjang 2,7 kilometer setinggi 0,5 – 1,5 meter, pembuatan 3 unit plat deker, serta 1 unit gorong-gorong. (Rus/Aan)

About Andre Newshanter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

loading...




Komentar Terbaru

    Pos-pos Terbaru

    x

    Berita Lain

    Pemilik Bengkel Motor di Bantarkawung Brebes Yang Menatap Peluang Pasca TMMD Reguler

      Brebes – Di mata Agung (25), pemilik bengkel sepeda motor asal Dukuh Gempol ...