Home / breaking / Jadi Fotografer Dadakan, Gubernur Sumsel Hadiri Pameran Foto Kilas Balik 2018-2019
Gubernur Sumsel Herman Deru membidik foto saat mengabadikan para Pewarta Foto pada Pameran Kilas Balik 2018-2019. Kamis (03/12/20) di Atrium OPI Mall. Foto : RAF/NHO

Jadi Fotografer Dadakan, Gubernur Sumsel Hadiri Pameran Foto Kilas Balik 2018-2019

Palembang,Newshanter.com – Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palembang menggelar Pameran Foto Jurnalistik Kilas Balik 2018-2019 mengusung tema “Bersama Lawan Pandemi” di atrium OPI Mall Palembang, Kamis (3/12/2020).

Pameran berlangsung selama tiga hari, 3-5 Desember 2020 yang memamerkan karya foto sebanyak 320 foto. Foto tersebut merupakan karya dari 32 pewarta foto dan masyarakat di Sumsel. Pameran dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Kadis Kominfo provinsi Sumsel Ahmad Rizwan, dan Kabag Humas provinsi Sumsel Andi.

Gubernur Herman Deru sangat mengapresiasi kegiatan PFI ini. Kegiatan ini positif yang diselenggarakan PFI Palembang salah satu bentuk percepatan reformasi digital di Sumatera Selatan dan menjadi sejarah tetap terjaga dengan baik perlu ada arsip dokumentasi yang baik dan juga dirangkaikan dengan berbagai acara menarik lainnya, dengan lokasi yang strategis, semakin menarik minat pengunjung untuk datang ke arena pameran foto.

“Karya PFI ini, saya anggap butuh keberanian untuk menampilkan hasil bidikan, yang kadang kontroversial. Tapi tetap pada segmen tertentu, harus mendidik. Sesuai dengan situasi saat ini. Misalnya ada diselipkan protokol kesehatan,” katanya.

Ia menambahkan, bicara masalah fotografi bukan sekedar menjepret saja tetapi banyak makna dan tujuan yang harus didapat dari setiap gambar yang diabadikan foto yang kita abadikan dengan kamera sebaiknya bisa menceritakan apa yang terjadi dengan kata lain memiliki rangkaian cerita sesuai tema atau gambar yang berbicara.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk terus dilakukan di tahun-tahun mendatang fotografer juga dapat mengasah kemampuannya juga juga dapat membantu mempromosi kegiatan pemerintah provinsi Sumatera Selatan melalui foto yang diambil,” katanya.

Pewarta Foto Palembang berfoto bersama pada acara pameran foto Kilas Balik 2018-2019 di Atrium OPI Mall. Kamis (03/12/20) Foto : Dok PFI Palembang / Gubernur Sumsel Herman Deru

Sementara Ketua PFI Palembang Abriansyah Liberto mengatakan, ini merupakan pameran kilas balik yang keenam. Diikuti 32 fotografer dan dipamerkan sebanyak 320 foto.

“Ada sekitar 350 foto karya 32 pewarta foto di Sumsel dipamerkan. Meliputi kategori foto art, pilkada damai, Asian Games tahun 2018 Covid-19 dan lainnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, melalui pameran foto kilas balik PFI Palembang berharap masyarakat mengingat kembali kejadian kejadian yang terjadi pada tahun tahun sebelumnya sebagai upaya memperbaiki diri.

“Dengan pameran foto kilas balik ini, kami berharap masyarakat me remember, mengingat kembali, bukan untuk mengulangi tapi untuk memperbaiki. Misalnya peristiwa kebakaran hutan lahan, kita harap masyarakat lebih peduli dalam menjaga lingkungan,” tukasnya.

Selain pameran, ada beberapa rangkaian kegiatan lain. Yakni diskusi fotografi secara daring lewat aplikasi Zoom dengan mengangkat tema ‘Membuat Photostory Perjalanan’. Narasumber diskusi ini, Safir Makki, fotografer CNN Indonesia. Lalu pameran virtual dan lomba foto di lokasi pameran. (vin)

About rizki piliang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Kapolda Sumsel Terima Audiensi PWNU

Palembang,newshanter.com – Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Toni Harmanto, M.H. menerima audiensi ...