Home / breaking / IWO Kabupaten Pesisir Selatan, Mintak Bupati Sijunjung Menjamin Kemerdekaan Pers

IWO Kabupaten Pesisir Selatan, Mintak Bupati Sijunjung Menjamin Kemerdekaan Pers

Sumbar.News Hanter. Ikatan Wartawan Online Pesisir Selatan mengecam tindakan tidak terhormat berupa intimidasi dan pengancaman yang dilakukan oleh oknum kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sijunjung kepada salah seorang wartawan cetak yang tengah melakukan peliputan. Meminta Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menyamin kemerdekaan Pers diwilayahnya.

Persoalan ini bermula dari pemberitaan aksi protes Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) yang memarkirkan lima unit mobil Damkar di halaman Kantor Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sijunjung, Jumat (21/7/2017).

Dimana dalam aksi protes tersebut para petugas meminta kejelasan terkait biaya operasional dalam menjalankan tugas, uang minyak yang hingga kini masih simpang siur.

Tak terima dengan pemberitaan itu, oknum kepala dinas kemudian menghubungi wartawan yang memberitakan peristiwa tersebut dengan nada tinggi melayangkan ancaman akan menggugat karena merasa dirugikan serta memerintahkan anak buahnya “memburu” wartawan bersangkutan.

Walau mendapat tekanan dan ancaman, “OG” wartawan harian Haluan itu tetap bersikap tenang dan mencoba menjelaskan duduk perkara isi pemberitaannya yang diterbitkan tersebut. Namun yang bersangkutan tetap tidak mau menerima dan justru marahnya semakin menjadi-jadi karena diangap tidak menghargai senior, tidak konfirmasi dan sebagainya. “Kenapa diberitakan, itu kamu tidak menghargai saya”, begitu pesan oknum kepala dinas tersebut.

Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Pesisir Selatan sebagai organisasi wartawan yang konsern terhadap isu-isu kebebasan pers, kebebasan berekspresi berpendapat dan perlindungan terhadap profesi, memandang sikap yang dilakukan oleh oknum Kepala Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sijunjung tersebut merupakan perbuatan tercela dan tidak hormat serta dapat merusak kebebasan pers yang secara tegas dilindungi oleh UUD Tahun 1945 dan UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Sebaiknya jika oknum Kepala Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sijunjung tersebut mengangap bahwa pemberitaan tersebut tidak berimbang, maka langkah yang harus ia tempuh adalah mengirimkan ‘hak jawab’ kepada redaksi tanpa harus mengirimkan melayangkan ancaman melalui saluran telfon dan pesan singkat kepada wartawan yang memberitakan. Sebab Wartawan menjunjung nilai independensi serta bebas dari intervensi pihak manapun.

Pesan singkat yang dikirimkan tersebut dapat diartikan sebagai bentuk ancaman serius terhadap profesi wartawan serta mencerminkan sifat-sifat antikritik ala orde baru. Maka dari itu perlu kami sampaikan bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 4 Jo Pasal 5 UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers dijelaskan bahwa Kemerdekaan Pers dijamin sebagai hak asasi warga negara, terhadap pers tidak dikenakan penyensoran, pembredelan atau pelarangan penyiaran dan pers berhak mencari, memperoleh dan menyebarluaskan gagasan dan informasi, serta Pers berkewajiban memberikan peristiwa dan opini dengan menghormati norma-norma agama, dan rasa kesusilaan serta asas praduga tidak bersalah.

Hal ini disampaikan supaya setiap orang dapat memahami bahwa Pers adalah lembaga yang independen dan merdeka.

Berdasarkan hal di atas, Ikatan Wartawan Online Kabupaten Pesisir Selatan, menyatakan sikap:
1. Mendesak oknum Kepala Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sijunjung meminta maaf secara terbuka kepada wartawan harian Haluan;
2. Mendesak Bupati Sijunjung untuk melakukan evaluasi terhadap oknum Kepala Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sijunjung, berkaitan dengan tindakannya yang dapat diduga telah mengancam kebebasan pers;
3. Mengingatkan Bupati Sijunjung mengenai jaminan kemerdekaan pers dan meminta agar Bupati Sijunjung dan jajarannya untuk berkomitmen menjamin kemerdekaan pers.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Painan, 22 Juli 2017
Hormat Kami,
Pengurus Dewan
Ikatan Wartawan Online (IWO)
Kabupaten Pesisir Selatan

Fahmi
Ketua

(REL)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Ditresnarkoba Polda Riau Kembali Ungkap Jaringan Internasional Dengan Barang Bukti 81 Kg Shabu

PEKANBARU,newshanter.com – Aparat kepolisian dari Subdit I Ditresnarkoba Polda Riau, kembali melakukan ...