Home / breaking / Heboh Warga Negara Cina Gunakan Seragam Mirip Uniform Polri
Lambang Logo dan Perwakiln FBI di China/ Foto Net

Heboh Warga Negara Cina Gunakan Seragam Mirip Uniform Polri

Jakarta,Newshanter.com,- Beberapa waktu belakangan ini Nitizen pengguna Media Sosial (Medsos) dan rakyat Indonesia ramai membicarakan organisasi Forum Bhayangkara Indonesia (FBI) dan foto-foto sekelompok orang yang berfose dengan menggunakan seragam dan atribut yang sangat mirip dengan seragam dan atribut Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Yang membuat heboh publik bukan soal seragam dan atribut saja, tapi karena orang-orang didalam foto yang menggunakan seragam dan atribut itu adalah warga negara cina yang dikabarkan membuka perwakilan organisasi FBI di Cina.

Seperti dilansir nusantaranews.co, Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Forum Bhayangkara Indonesia (FBI) No.190/SK-DPP/FBI/V/2016 tentang pengangkatan Perwakilan China, setelah menimbang; mengingat; memperhatikan; memutuskan penetapan dan penugasan Chen Shu, Jabatan Liason Officer China dengan No. ID. 1102.2.16 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 5 Mei 2016.

Dengan keputusan penetapan tersebut, Chen Shu diamanati (1) untuk melakukan Sosialisasi Ormas ke DPD/DPC FBI seluruh Indonesia, melakukan kerjasa dalam hal perdagangan dan usaha bagi kepentingan Ormas; (2) Surat Keputusan ini berlaku mulai tanggal ditetapkan dan akan ada penyesuaian-penyesuaian kebijakan untuk kemajuan Organisasi. Sampai berita ini diturunkan, Liason Officer China, Chen Shu maupun Ketua Dewan Kehormatan FBI, Irjen Pol. (P) DR. Rasyid Ridho belum bisa dihubungi.

Sedangkan ari data yang diperoleh dari website resmi FBI www.forumbhayangkaraindonesia.com Organisasi FBI didirkan pada tahun 2014 dengan Akta pendirian No. 14 tanggal 26 maret 2014 oleh Notaris Tossy Satyarto Satriayun, SH. Dengan Ketua Umumnya Dr. R. Renny Mursantio AS,BA. Dalam website i,Sejumlah nama dan foto Purnawirawan Polisi dan TNI nampak menjadi pendiri organisasi FBI.

Menyikapi hal tersebut , Kadiv Humas Mabes polri, Irjen Boy Rafli Amar mengaku pihaknya sudah mengetahui soal keberadaan ormas tersebut.

“Kami dapat info kalau Forum Bhayangkara Indonesia itu ormas yang sudah tercatat di Kemenlu dan didirikan oleh orang-orang di Indonesia,” ucap Boy Rafli Amar, Jumat (16/12/2016) di Mabes Polri.Berkait miripnya ‎lambang ormas tersebut dengan lambang Polri, Boy mengatakan akan mengkomunikasikan hal tersebut.

Menurut Boy, Kemungkinan besar, Forum Bhayangkara Indonesia menggunakan lambang itu karena konsen sebagai Bhayangkara muda.“‎Kemungkinan mereka konsen sebagai Bhayangkara muda, karena Bhayangkara sifatnya universal sebagai pengawal,” kata Boy.

Jenderal bintang dua ini melanjutkan apabila ormas tersebut positif, maka bisa dijadikan sebagai mitra polisi dalam rangka membangun semangat yang kondusif, aman dan damai.“Yang penting, ormas tidak boleh bertentangan dengan falsafah pancasila, itu sangat prinsip,” katanya.

Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Forum Bhayangkara Indonesia (FBI) No.190/SK-DPP/FBI/V/2016/Foto Istimewa

Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Forum Bhayangkara Indonesia (FBI) No.190/SK-DPP/FBI/V/2016/Foto Istimewa

 
Kodim Sukabumi gerebek markas ormas ala militer

SEmentra itu Polri nampaknya memiliki perbedaan dengan TNI dalam penyikapan hal penggunaan seragam dan Atribut ini, seperti diketahui TNI rajin menggelar razia penggunaan atribut dan seragam TNI diberbagai wilayah.

Seperti dilansir Antara Anggota Komando Distrik Militer 0607/Sukabumi, Jawa Barat, menggerebek markas organisasi kemasyarakatan di Kampung Ciheulangtonggoh yang dijadikan tempat latihan ala militer.

Penggerebekan yang dipimpin Pasi Intel Kodim 0607/Sukabumi Kapten Gessing pada Minggu, (28/2/2016) berawal dari laporan warga RT02/RW03 Kampung Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak yang resah dengan keberadaan ormas tersebut.

Mereka, dilaporkan warga selain melakukan latihan ala militer juga menggunakan atribut militer sebagai seragam almamaternya.

“Puluhan anggota ormas ini kami amankan karena mereka layaknya anggota militer mulai dari atribut yang digunakan hingga ada pelatihan militer, kami amankan mereka karena khawatir seragam ala TNI Angkatan Darat yang digunakan ormas itu disalahgunakan,” kata Gessing.

Dia menjelaskan sesuai Pasal 59 Ayat 1b Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Penggunaan Atribut militer, warga sipil maupun ormas dilarang menggunakan pakaian atau seragam menyerupai pakaian dinas militer.Maka dari itu, pihaknya langsung melucuti pakaian yang digunakan oleh ormas itu.

Atribut ala militer yang digunakan oleh ormas yang menamakan diri Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) mulai dari pakaian dinas harian (PDH) hingga pakaian dinas lapangan (PDL) 90 persen hampir menyerupai pakaian dinas anggota TNI.

Namun demikian, pihaknya juga tidak melarang aktivitas ormas itu asalkan sesuai aturan.”Untuk sementara kami mendata mereka dahulu dan dibawa ke Koramil Cibadak untuk dilakukan pembinaan dan dimintai keterangan,” kata Gessing.

Informasi dari warga, kegiatan ormas tersebut sudah cukup lama dilakukan di lapang voly milik warga, aktivitas keseharian mereka seperti anggota militer yang tengah melakukan latihan, seperti baris berbaris dan seperti latihan perang.Bahkan, gaya anggota ormas itu pun membuat geram masyarakat dan kegiatan mereka juga sering membuat bising lingkungan sekitar.

Seperti dalam kasus Ormas Perintis Kemerdekaan RI (PKRI) di Sukabumi Jawa Barat yang menggunakan seragam, atribut atau uniform mirip TNI.

Pihak Kodim 0607 Sukabumi bersama Polisi Militer (PM) Kota Sukabumi dan Polsek Cibadak melakukan penggerebekan dan mempereteli semua uniform yang digunakan oleh organisasi dan anggota ormas tersebut.Saat itu penggerebekan dipimpin langsung oleh Pasi Intel Kodim 0607 Sukabumi Kapten Bessing.Penggerebekan oleh TNI Kodim 0607 Sukabumi terhadap Ormas & anggota Organisasi PKRI.(ANT/HAN)

Atribut hasil razia  Kodim 0607/Sukabumi ala  militer / foto net digunakan oleh ormas

Atribut hasil razia Kodim 0607/Sukabumi ala militer / foto net digunakan oleh ormas

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

4 Pelaku Judi Qiu-qiu Ditangkap Polsek Kampar Kiri Hilir di Desa Lubuk Sakai

KAMPAR KIRI TENGAH,newshanter.com – Tim Opsnal Polsek Kampar Kiri Hilir amankan 4 ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 04-01-2021 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2021 12:00 am UTC