Home / breaking / Dukungan Pers Sangat Penting Bagi Kemajuan Bangsa.

Dukungan Pers Sangat Penting Bagi Kemajuan Bangsa.

Kendari,newshanter.com – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Nasional  Tahun 2022,  dipusatkan di Kota Kendari Sulawesi Tenggara. HPN tahun 2022 mengangkat tema “Sultra Jaya Indonesia Maju”.  Acara puncak HPN 9 Februari 2022 dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo secara virtual.

Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar, ikut memeriahkan puncak HPN tingkat Nasional dengan mengirimkan delegasi untuk menghadiri peringatan HPN di Kota Kendari. Ada 9 orang pengurus, wanhat dan Anggota PWI yang hadir pada puncak peringatan HPN tingkat Nasional tahun 2022 yang dikoordinir Ketua PWI Kabupaten Kampar Akhir Yani, SE.

Serangkaian acara  dilaksanakan dalam pelaksanaan peringatan Hari Pers Nasional, 6-10 Februari 2022 di Kota Kendari Sulawesi Tenggara.  Ada lebih kurang 40 agenda kegiatan yang digelar selama HPN tingkat Nasional Tahun 2022.

Diantara rangkaian acara tersebut,  Panggung Hiburan, Pameran Potensi Pembangunan, Pameran UMKM, Pameran Ekonomi Kreatif, Pameran Pers, Baksos Pembagian Sembako, Konvensi Nasional Media Massa, Seminar Nasional Energi, Seminar Nasional Pariwisata, Diskusi Anugerah Adinegoro, Seminar Literasi Digital SJI & Pelatihan  Jurnalistik, Family Trip, Rakernas SIWO, Klinik Penulisan Kebudayaan.

Kemudian acara Diskusi Sinergitas Pers dan Pemerintah dalam Meningkatkan Produktivitas Pertanian Nasional dan Kelapa Sawit, Welcome Party dan Sayembara Puisi Multimedia dan Tari Topeng Bupati Indramayu, Parade Seni Anugerah Kebudayaan, Jalan Santai, Layanan Hypnoteraphy, Mukernas IKWI, Seminar Nasional Pemulihan Ekonomi Nasional,  Diskusi DBON.

Selanjutnya, Pelepasliaran Hewan Endemik, Pertemuan DK PWI Pusat dan DKP se-Indonesia, Dialog Kebudayaan, Forum Investasi dengan Duta Besar,  EDITOR’S TALK Forum Pemred: Jurnalisme Berkualitas di Tengah Revolusi Teknologi Informasi, Exhibition  Futsal, Gala Dinner 10 Gubernur Penandatangan Komitmen Rehabilitasi Mangrove, Rapimnas Serikat Media Siber Indonesia, Pementasan Wayang Kulit, Pencanangan Gernas Mangrove.

Dalam rangkaian kegiatan ini ada serangkaian penganugerahan penghargaan diantaranya,  Penghargaan yang diterima oleh  Gubernur Riau, Syamsuar sebagai Inisiator Olahraga Nasional pada ajang Award Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Pusat.

Penghargaan diserahkan oleh Menpora Zainuddin Amali dan disaksikan Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari pada acara  Hari Pers Nasional (HPN) di Hotel Plaza In, Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Puncak Acara HPN 2022, Rabu (9/2/22), di gelar di pelataran Masjid Al Alam Kendari. Masjid yang berada di tengah Teluk Kendari ini  merupakan salah satu ikonik  Sulawesi Tenggara.  Pada kesempatan itu Gubernur Riau Syamsuar mewakili 9 Gubernur se-Indonesia membacakan Deklarasi Komitmen Rehabilitasi Mangrove.

Ketua PWI Pusat Atal S Depari dalam laporannya pada peringatan hari puncak menyampaikan bahwa banyak agenda yang dilaksanakan peringatan hari Pers. “Ada sekitar 40 kegiatan yang digelar, dan berjalan sukses. Begitulah kita mewarnai negeri ini. Ini rumah diskusi yang luar biasa,” ujar Atal.

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi menyampaikan bahwa pelaksanaan HPN di Kendari merupakan suatu   kehormatan bagi Sultra. “Kami bangga dan berbahagia karena dihadiri Presiden RI Bapak Joko Widodo dan Menteri kabinet Indonesia maju meski secara virtual,” ujar Ali Mazi.

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa pemerintah selalu terbuka menerima masukan-masukan dari insan pers agar langkah-langkah besar yang dilakukan pemerintah  betul-betul bisa tereksekusi dan dijalankan di lapangan sehingga membawa perubahan dan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan Indonesia.

Disampaikan Presiden bahwa kebebasan pers adalah pilar penting kemajuan Indonesia.  Kebebasan pers dan perlindungan terhadap profesi wartawan dijamin dalam undang-undang dan dukungan dari insan pers sangat penting bagi kemajuan bangsa.

Ketua PWI Kabupaten Kampar Akhir Yani, SE menyampaikan bahwa keikutsertaan PWI Kampar pada HPN tingkat Nasional memiliki makna strategis dalam kemajuan pers di Kampar. “Di HPN ini kita bisa menggali ilmu pengetahuan khususnya dibidang pers terutama dalam menghadapi persaingan media saat ini,” ujarnya.

Di HPN ada konvensi, seminar dan lain sebagainya yang bisa meningkatkan pengetahuan. “Konvensi Media luar biasa, dapat memotivasi kita insan pers untuk memajukan media dan diharapkan lahir enterpreneur-enterpreneur media di daerah,” ujar Akhir. (Diskominfo Kampar /Herman Jhoni)

Rils/era

About Era NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Polsek Bunut Hadiri Pembukaan Perkemahan di Kecamatan Bandar Petalangan

PELALAWAN, NEWSHANTER.COM-Kapolsek Bunut, AKP Daniel Selamat Nainggolan S.IP melalui Bhabinkamtibmas Desa Air ...