Home / Kota Palembang / DLHP Sumsel Gelar FGD Mengambil Tema Urusan Pemerintahan bidang Pertanahan Tahun 2022, Ini Disampaikan Kepala Dinas LHP Sumsel

DLHP Sumsel Gelar FGD Mengambil Tema Urusan Pemerintahan bidang Pertanahan Tahun 2022, Ini Disampaikan Kepala Dinas LHP Sumsel

Palembang, newshanter.com – Pemerintah provinsi (pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) provinsi Sumsel Drs H Edward Candra menghadiri dan membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang mengambil tema “Urusan Pemerintahan bidang Pertanahan Tahun 2022.

Kegiatan ini sendiri selain dihadiri oleh Kepala Dinas DLHP Provinsi Sumsel, juga dihadiri oleh stakeholder lainnya yang berkaitan dengan pertanahan baik yang ada dikabupaten/kota di provinsi Sumsel, dan kegiatan ini sendiri dilaksanakan di aula Kalpataru DLHP Sumsel, Jumat (9/12/2022).

Dikatakan Kepala DLHP Provinsi Sumsel Drs H Edward Candra, hari ini kita melaksanakan FGD permasalahan pertanahan, jadi kita mengundang dari seluruh kabupaten/kota, yang ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD khusus, dinas khusus yang menangani pertanahan, ada yang dibidang, misalnya di Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan sebagainya.

“Kita berbicara mungkin secara terbuka, apa yang menjadi kendala-kendala selama ini didalam menugaskan perumusan didalam bidang pertanahan,” ujarnya.

Kemudian, ada banyak keputusan-keputusan, keputusan tentang Undang-Undang tahun 2015 tentang pemerintah daerah, sudah banyak disana. Dimana saat ini yang perlu didorong adalah bagaimana mengemas seadanya, memaksimalkan tugas DTLH, mensukseskan informasi kepada media, dan sebagainya.

“Mendorong pimpinan TJSL, pengelolaan atau tanah-tanah terlantar, pemanfaatan tanah kosong, izin lokasi, dan ini semua yang kita harapkan, ini dijalankan dengan baik,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, tinggal bagaimana wadah yang sudah ada ini lebih fokus, memfasilitasi, untuk mengurus dengan cara akses e-form, tetapi terlebih lagi kepada aset e-form dengan urusan ini mengenai penyelesaian sengketa dibidang pertanahan

“Kalau persentase kita bicara tentang reservasi, kalau ditingkat provinsi saja itukan seperti ada di angka 80 sampai 100 persoalan yang ditangani, kemudian di prioritaskan,” katanya.

Masih dilanjutkannya, pada awal penyampaian ini, saya menyatakan permohonan maaf kepada saudara semua dikabupaten/kota yang bersifatnya untuk berdiskusi, walaupun kita ketahui bersama sudah berjalan dengan masing-masing dan dalam kondisi baik.

“Walaupun beberapa daerah memang ketika kalau urusan pertanahan ini berada Dinas tertentu, tidak secara khusus untu skup pengelolaan permasalahan pertanahan juga cenderung tidak luas kalau kita berbicara tentang kabupaten/kota,” imbuhnya.

Masih disampaikannya, kalau untuk bicara tentang lingkungan hidup, kita sudah sering untuk masing-masing bidang, dimana untuk disini saja ada beberapa bidang, terutama untuk sub bidangnya. Dimana 1 bidang setengah disini, karena yang mengenai masalah sengketa pertanahan ada di bidang Gakkum-nya.

“Dimana yang kita harapkan pada FGD ini untuk outputnya adalah adanya rumusan rekomendasi dari masing-masing teman di kabupaten/kota provinsi yang nanti akan kita sampaikan kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru, bahkan sampai ketingkat Kementerian Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia,” bebernya.

Begitu juga disampaikan ketua Panitia sekaligus Sekretaris DLHP Sumsel Herdi menyampaikan didalam sambutannya, bahwa landasan dasar hukum pelaksanaan ini berdasarkan peraturan daerah nomer 4 tahun 2022 tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan provinsi Sumsel tahun anggaran 2022.

“Maksud dan Tujuan pelaksanaan kegiatan, maksud dan tujuan dari pelaksanaan RPMJ yang terbaru adalah keputusan didalam pembinaan kabupaten/kota se Sumsel tahun 2022 yakni bagaimana cara kita berkoordinasi dari satu ke yang lainnya,” jelasnya.(ton)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Komentar Terbaru

    loading...




    Komentar Terbaru

      x

      Berita Lain

      Amankan Wilayah, Polsek Bandar Sei Kijang Patroli Pekat Malam

      PELALAWAN, NEWSHANTER.COM – Personil Polsek Bandar Sei Kijang jajaran Polres Pelalawan Polda ...