Home / Ekonomi Bisnis / Dampak Pandemi Sektor Ekonomi Turun, Kita Mengedukasi Para Pelaku UMKM Lewat Pembayaran Digital

Dampak Pandemi Sektor Ekonomi Turun, Kita Mengedukasi Para Pelaku UMKM Lewat Pembayaran Digital

Palembang,newshanter.com – Salah perusahaan perbankan yang berada dibawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perusahaan Terbatas (PT) Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Kantor Wilayah (Kanwil) Palembang hari ini melaksanakan kegiatan Bazaar Klaster MANTRI untuk Brilian Sahabat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), demikian diutarakan oleh Regional Micro Banking Head BRI Respandi Novianto, dalam sambutannya.

Dikatakan Respandi, dimana pada kegiatan ini dihadiri dari Bangka Belitung, dan Lampung, serta seluruh peserta yang ada disini, khususnya para pesera Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Klaster MANTRIKU. Walaupun kondisi sibuk masih bisa menghadiri kegiatan ini baik dari Pegadaian, dan PNM Palembang.

“Kegiatan ini merupakan yang kedua, dimana sebelumnya sudah dilaksanakan di Dinas Sosial (Dinsos) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), ini merupakan kegiatan rutin Nasional untuk BRI,” ujarnya.

Kemudian, dimana ini untuk memperkenalkan klaster-klaster binaannya MANTRI, jadi kita ada di unit-unit ada MANTRI-MANTRI. Dia harus membina dengan target kita 1 MANTRI 3 klaster.

Kebetulan ini binaan-binaan para MANTRI-MANTRI, artinya kalau kita lihat dari hasil dan produknya tidak kalah dengan produk yang teknologi tinggi tapi mereka sudah berikan produk yang sangat bagus.

“Kita juga ada pembinaan untuk klaster-klaster, Saprase yakni bantuan sarana produksinya, membantu alat-alatnya, kita ada pendidikannya yakni pelatihan-pelatihannya untuk klaster,” ungkapnya.

Masih menurutnya, jadi ini bisa meningkatkan juga produksinya, pengepakannya, dan juga pemasaran jadi lebih bagus. Ini juga di bimbing dari teman-teman BRI, supaya mereka bisa menambah pengetahuan para umkm ini.

Pertama kemarin antusias pembelinya sangat luar biasa. Untuk transaksinya menggunakan cashplus, tidak boleh menggunakan uang tunai.

“Ini merupakan salah satu tugas kita sebagai perbankan untuk mengedukasi mereka,” katanya.

Ditempat terpisah, CEO BRI Regional Wilayah Palembang Anto Riyanto mengatakan bahwa di kondisi masa pandemi Covid-19 ini memberikan dampak perekonomian dan sektor usaha mengalami penurunan.

Dampak ini juga dirasakan oleh para pelaku UKM/UMKM. Secara Nasional penyumbang PDB terbesar ada disektor UKM/UMKM yaitu sebesar 60 persen.

“Melihat kondisi tersebut BRI merasa terpanggil dan perlu untuk membantu dan memberdayakan para UKM/UMKM agar tetap Survive dan Sustain,” bebernya.

Masih disampaikannya, salah satu bentuk komitment dari BRI dalam membantu dan memberdayakan para UKM/UMKM adalah membentuk Ecosystem Klaster Usaha.

Para UKM dibina dan diberdayakan melalui Literasi keuangan dan literasi digital.

Salah satu agenda pemberdayaan tersebut dilakukan melalui kegiatan Bazzar UKM melalui program Bazaar MANTRIKU.

“Bazzar Mantriku ini sudah dilakukan untuk kedua kalinya yang diikuit oleh 10 Klaster Usaha Mitra Binaan Bank BRI,” jelasnya.(ton)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Antisipasi Lakalantas, Polsek Pangkalan Kuras Lakukan Pangamanan Lalulintas

PELALAWAN, NEWSHANTER.COM – Unit Lantas Polsek Pangkalan Kuras jajaran Polres Pelalawan kembali ...