Home / Budaya/Wisata / Bupati Muba Ajak Lestarikan Kesenian

Bupati Muba Ajak Lestarikan Kesenian

Palembang,newshanter.com – Pelantikan Paguyuban Warga Ponorogo (Pawargo) Sumatera Selatan dan Launching Tabloid Bimasena Sriwijaya Media di Atrium Opi Mall Jakabaring, Selasa (10/11/2020).

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Musi Banyuasin Dr. Dodi Reza Alex Noerdin, Wakil Bupati Banyuasin Slamet Sumo Sentono, Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin, SH, Ketua FKRT-PED Ahmad Syafruddin, Pimpinan Umum Tabloid Bimasena Yudi Farola Bram serta Para Pengurus dan Anggota Paguyuban Sumatera Selatan.

Bupati Musi Banyuasin sekaligus sebagai Ketua Dewan Pembina Pawargo Sumsel sangat mengapresiasi terhadap budaya yang ada di Sumatera Selatan. Didaerah lain mungkin belum pernah tapi pada hari ini menunjukkan bahwa ragam budaya Sumatera Selatan itu sangat kaya.

“Ini Pertama kali kuda lumping dan reog main di mall.Walaupun reog itu dari seberang tapi sudah menyatu. Tadi ada warga dari Berlian Makmur, Sungai Lilin, Mariana, Banyuasin, Palembang semuanya menyatu inilah ragam budaya Sumatera Selatan. Dan kita harapkan ini akan semakain berkembang dan akan terus kita bina berbagai macam budaya yang ada di Sumatera Selatan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, keberagaman seni dan budaya di Sumsel juga harus di support dan dibina oleh Pemerintah agar tetap eksis hingga ke masa yang akan datang.

“Apalagi ini adalah warisan turun temurun dari sejak nenek moyang kita dahulu, tentu harus dijaga,” katanya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin, SH mengatakan ini sangat luar biasa untuk kebudayaan. Pawargo ini paguyuban warga Ponorogo yang ada di Sumatera Selatan.

“Alhamdullilah dengan adanya ini apresiasi kami sangat baik dan juga di kota Palembang ada budaya kita yang sangat populer yaitu dulmuluk. Sekarang ini di sini perkembangan budayanya kalau di lihat masih kurang,” ujarnya.

Mudah-mudahan dengan berdirinya Tabloid Bimasena yang notabenenya tentang kebudayaan bisa membangkitkan lagi budaya-budaya kita yang baik, bisa berkembang di masyarakat dan mudah-mudahan ditingkat nasional serta di luar negeri.

“Semoga kebudayaan ini bisa mempererat antara etnis dan suku serta menjadi media hiburan kepada masyarakat. Apalagi ditengah pandemi ini masyarakat butuh hiburan untuk refreshing dan menigkatkan imun tubuh,” ujarnya.

Ditempat terpisah Ketua Pawargo Sumsel Mujianto, mengatakan Musi Banyuasin menjadi daerah percontohan yang komitmen menjaga nilai-nilai serta eksistensi keberagaman budaya.

“Alhamdullilah Pak Dodi sebagai ketua pembina karena satu-satunya bupati atau tokoh masyarakat yang ada di Sumatera Selatan peduli kepada kesenian nasional reog, kuda lumping, dan campur sari yang ada di Sumsel ini. Kami berharap Pemerintah lainnya di Sumsel ini memberikan perhatian dan pembinaan terhadap pelaku seni dan budaya agar tetap selalu terjaga sampai ke anak cucu kita nanti,” ujarnya.

“Keberadaan kepengurusan Pawargo Sumsel dapat memberikan nilai positif terhadap keberagaman budaya di Sumsel dan Semoga bermanfaat untuk masyarakat. (vina)

 

 

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

4 Pelaku Judi Qiu-qiu Ditangkap Polsek Kampar Kiri Hilir di Desa Lubuk Sakai

KAMPAR KIRI TENGAH,newshanter.com – Tim Opsnal Polsek Kampar Kiri Hilir amankan 4 ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 04-01-2021 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2021 12:00 am UTC