Home / Nusantara / Bukittinggi dilanda banjir dan Anggin Puting Beliung
foto dtc

Bukittinggi dilanda banjir dan Anggin Puting Beliung

Bukittingi.Newshanter.com ,Puluhan rumah di RT 02/01, Kelurahan Pulai Anak Air Kota Bukittinggi direndam banjir pada Jum’a (6/11/2015) sore. Tampak petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan evakuasi korban yang dilanda banjir, dengan menggunakan perahu karet. Banjir ini disebabkan derasnya hujan yang turun, sehingga drainase yang ada tidak mampu menahan luapan air yang datang secara tiba-tiba.

Sematara itu Rabu (4/11/2015) lalu Angin puting beliung menyebabkan kerusakan parah. Angin puting beliung ini melanda sebuah Musala Ateh Lurah di Kelurahan Dipo, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Akibatnya semua atap hancur dihempas angin tersebut.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bukittinggi, Syuerman kepada wartawan mengatakan hampir semua atap diterbangkan. Sementara rumah warga yang berada di dekat musala hanya satu dua atap yang diterbangkan. Akibat puting beliung, kerugian senilai Rp 30 juta.
Selain dihantam puting beliung Kelurahan Tarok Dipo, juga dilanda banjir bandang. Sekarang warga dan petugas BPBD bekerjasama membersihkan lingkungan yang terdampak bencana tersebut. Akibatnya 16 rumah terendam banjir.

Menurut Syuerman, Banjir merendam perumahan tersebut setinggi setengah meter. Diantara 16 rumah yang terendam, hanya 12 rumah yang berpenghuni. Selebihnya kosong. Pihak permitah serempat telah memberikan bantuan dari BPBD Kota Bukittinggi. “Bantuan berupa makanan dan minuman untuk korban banjir.” ujar Sureman

Atas bencana alam tersebut, Syuerman telah mengerahkan petugas BPBD ke lokasi untuk menyedot air yang masuk ke permukiman warga. Syukurnya banjir hanya sebentar. Karena saluran pembuangan air yang kecil. Namun warga lebih memilih bertahan di rumah.Setelah petugas berhasil menyedot air yang masuk ke rumah. Namun Air baru surut sekitar setengah jam hingga satu jam. Tentu bencana ini menyisakan kepedihan.(DTC./NHO)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Kapolres OKI Sambut SMSI Untuk Bersinergi

Kayuagung (OKI), Newshanter.com – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Ogan Komering Ilir (OKI) ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 04-01-2021 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2021 12:00 am UTC