Home / SUMSEL / Musi Banyuasin / BSL Adakan Pertemuan Dengan TP PKK Sungai Lilin Terkait Bank Sampah

BSL Adakan Pertemuan Dengan TP PKK Sungai Lilin Terkait Bank Sampah

Musi Banyuasin,newshanter.com – Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk menabung sampah yang sudah dipilah-pilah terlebih dahulu sebelumnya oleh nasabah. Selanjutnya hasil sampah yang sudah dipilah akan di kelola untuk di jadikan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah yang belum dapat di kelola. Hal itu diterapkan di setiap bank sampah di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Bendahara Bank Sampah Sungai Lilin Wahyu Nurhidaya, Sabtu (10/4/2021) menyatakan kegiatan hari ini merupakan undangan dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Mulyorejo Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Muba.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Desa (Kades) Mulyorejo Suhardi dan TP PKK Sri Utami,” yang telah mengundang Bank Sampah Lilin untuk berbagi. Ujarnya.

“Alhamdulillah sejauh ini setelah dengan adanya kehadiran Bank Sampah di setiap desa, pemulung liar tidak dapat masuk, sampah-sampah sudah pasti teratasi, bahkan saat ini ibu-ibu yang sudah memiliki Bank Sampah di desanya bila jalan melihat sampah secara otomatis langsung mengambilnya. Bahkan akan kebingungan kalau tidak ada sampah,” tuturnya.

TP. PKK Mulyorejo meminta Bank Sampah Lalin (BSL) untuk mensosialisasi terkait cara pendirian dan jenis sampah apa saja yang dapat terima, dipilah dan bisa disetor kepada Bank Sampah.

“Masyarakat pun bisa datang langsung ke Bank Sampah, kemudian ditimbang dan diberikan harga untuk selanjutnya dibukukan di buku tabungan,” bebernya.

Untuk Bank Sampah di Muba sendiri terbilang sangat banyak, ada sekitar 20 titik dan tahun ini ditargetkan hingga 60 titik bank sampah didirikan.

“Sampah yang diterima adalah non organik yakni kardus, kertas, segala jenis plastik, dan logam,” tegasnya.

Ditambahkan Ketua BSL Mindarto juga dan di wilayah sungai lilin yang berbeda dalam binaan bank sampah baru ada 3 Desa yakni desa cinta damai, Panca Tunggal dan Bumi Kencana.

Tahun ini, Bank Sampah Lilin targetkan tiap Desa miliki Bank Sampah. Sesuai arahan DLH ( Dinas Lingkungan Hidup ) Kabupaten MUBA yang mentargetkan 60 Titik Bank Sampah di wilayah kabupaten MUBA. (red)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

IKA PPNI Seri Bandung Gelar Mukernas, Ini Disampaikan Ketua Sekaligus Sekjennya

Palembang,newshanter.com – Ikatan Keluarga Alumni Pondok Pesantren Nurul Islam (IKA PPNI) Seri ...