Berdayakan Masyarakat, TMMD Bojonegoro Gelar Posyandu Lansia

BOJONEGORO – Tim Kesehatan Kodim 0813/Bojonegoro mendampingi sekaligus memantau langsung kegiatan Posyandu Lansia (Lanjut Usia) di Balai desa Jatimulyo Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro, Jum’at (19/03/2021).

Kegiatan Posyandu Lansia tersebut dilaksanakan bersama Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro. Giat ini merupakan rangakaian TMMD 110 Kodim 0813/Bojonegoro.

Untuk di ketahui, Posyandu Lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut yang merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat atau UKBM (Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat) yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri khususnya pada penduduk usia lanjut.

Tempat ini merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial.

Tujuan utama dari Posyandu Lansia adalah mendekatkan pelayanan kesehatan dan meningkatkan peran serta masyarakat maupun swasta, disamping meningkatkan komunikasi antar warga usia lanjut.

Sedangkan sasarannya adalah kelompok pra usia lanjut (45-59 tahun) dan kelompok usia lanjut (60 tahun keatas) maupun kelompok usia lanjut dengan resiko tinggi (70 tahun keatas).

Sementara itu sejumlah warga yang berhasil ditemui media ini mengatakan, kehadiran TMMD 110 di desa mereka, salah satunya bernama ibu Rumini, mengungkapkan bahwa adanya TMMD yang dirasakan sangat membantu masyarakat.

“Jujur kami sangat merasa terbantu, lihat saja mereka (TNI) begitu peduli dengan orang orang tua kami (Lansia),” ujar Ibu Rumini

Selain itu kata ibu Rumini, bahwa seluruh program kerja yang kini dijalankan TMMD sangat sesuai dengan harapan warga, seperti peningkatan jalan, drainase, normalisasi sungai, serta para TNI yang ramah karena sering komunikasi dan membantu warga,(Pendim 0813).

About Andre Newshanter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

loading...




Komentar Terbaru

    x

    Berita Lain

    Pemuda Jatimulyo : Hasil Program TMMD Bojonegoro Luar Biasa

    BOJONEGORO – Program TMMD ke-110 Kodim 0813/Bojonegoro di Desa Jatimulyo Dan Desa Ngrancang, Kecamatan ...