Home / breaking / Beranjak Impian Almarhum Dekan, Alumni FH UIBA Sukses Wujudkan Reuni Akbar Perdana  
Alumni FH UIBA Palembang berfose bersama. Foto. Sya
Alumni FH UIBA Palembang berfose bersama. Foto. Sya

Beranjak Impian Almarhum Dekan, Alumni FH UIBA Sukses Wujudkan Reuni Akbar Perdana  

PALEMBANG, newshanter.com − Atas inisiatif dari alumni dan support dari Dosen serta Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas IBA (UIBA) Palembang, akhirnya alumni FH UIBA Palembang, sukses menggelar Perdana Reuni Akbar dan Temu Kangen, yang dihadiri mulai dari alumni angkatan tahun 1987 sampai dengan alumni angkatan tahun 2021. Demikian hal ini diungkapkan Ketua Pelaksana Reuni Akbar Alumni FH UIBA, Benny Moerdani SH, MH, CHRM.

Dalam kata sambutannya Benny Moerdani SH MH CHRM, mengucapkan selamat datang kepada para alumni, karena dimana dimasa pandemi ini, para alumni masih menyempatkan hadir dalam acara ini, karena tak lupa panitia juga tetap menerapkan 3 M (menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker).

Menurut Benny, reuni akbar dan temu kangen ini dihadiri oleh semua angkatan mulai dari alumni angkatan tahun 1987 sampai dengan tahun 2021, pelaksanaan reuni seharusnya dijadwalkan pada tanggal 10 Juli 2021 kemarin, sekaranglah dapat terlaksana.

“Terlaksananya reuni ini karena inisiatif dari kawan-kawan dan support dari Dekan yang sangat kita sayangi yakni almarhum bapak Latief Hasjim SH MH, kami benar-benar merasa kehilangan karena reuni adalah impian beliau. 1 (satu) minggu sebelum beliau meninggal kita sempat bertemu membicarakan tentang reuni ini. Pada saat itu beliau inginnya cepat-cepat pelaksanaan, berhubung keadaan dan kondisi, awalnya diperkirakan tanggal 3 Juli menjadi 10 Juli, kemudian Palembang memasuki zona merah PPKM Level IV, sehingga tertunda dan tertunda. Alhamdullilah hari ini kita dapat melaksanakan acara reuni ini, tentunya tak lepas dari semangat teman-teman semua yang ingin cepat-cepat untuk bertemu,” ucap Benny.

Dalam acara yang sama, Rektor UIBA Dr Tarech Rasyid MSi, dalam sambutannya menuturkan, sedikit gambaran tentang perubahan-perubahan pada Universitas IBA, hampir satu tahun yang lalu, almarhumah Rita Bayumi lahir di Palembang merupakan putri dari pasangan almarhumah ibu Saidah dan almarhum bapak Bayumi. Almarhum Rita berusaha bagaimana pikiran-pikiran orang tua dapat menjadi landasan atau visi misi di Universitas IBA, agak kerepotan pada saat itu ketika dibentuk tim percepatan perubahan dari Yayasan.

“Kerepotan pada waktu itu kita tidak punya data karena Banyumi ini orangnya Low Profile, tidak mau diliput oleh media tetapi ada beberapa data sepenggal, bahwa almarhum pernah mendirikan Rumah Sakit Sumber Waras yang menjadi sengketa di Jakarta, nah itu salah satu kontribusi dari almarhum Bayumi. Kemudian bayumi juga mendorong berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Taruma Negara Jakarta, berkenaan dengan itu isterinya almarhum Saidah menggagas berdirinya Yayasan IBA dari TK sampai ke Universitas untuk mengakomodir aspirasi pendidikan di Sumsel pada saat itu baru 5 tahun Indonesia merdeka tahun 1950,”ungkapnya.

Ditambahkan Rektor IBA, Bayumi adalah pelaku bisnis yang cukup tangguh di masa pemerintahan Orde Lama dan Orde Baru, kemudian ada beberapa dokumen, bahwa beliau dekat dengan bung Karno, hingga pikiran-pikiran beliau tentang kebangsaan juga tentang agama islam, keduanya digabung menjadi pilsafat kebangsaan. Ini didasari palsapah Pancasila dan tertuang didalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Yayasan IBA.

“Bertolak dari situ, kita merumuskan Universitas IBA sebagai salah satu misi Universitas dilandasi nilai-nilai kebangsaan, karena itu kita membangun infrastruktur ada kajian lembaga dakwa islam, dan kita juga kepingin membangun kajian pada agama lain, hingga betul-betul memayungi seluruh agama seperti yang dilakukan oleh almarhum Bayumi, dimana saat itu dia berada ditengah-tengah komunitas Tionghua, hingga yang mendirikan Rumah Sakit Sumber Waras,”pungkasnya.

Secara terpisah ketika dikonfirmasi wartawan disela-sela acara Reuni Akbar dan Temu Kangen, selaku Ketua Pelaksana acara, Benny Moerdani mengatakan, sangat bersyukur karena acara reuni perdana ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

“Alhamdullilah acara hari ini Reuni Akbar dan Temu Kangen Alumni Fakultas Hukum IBA perdana ini, dihadiri seluruh angkatan dari angkatan tahun 1987 dan 2021 harapan kami dengan adanya kegiatan ini, sesama alumni makin solid, kemudian makin mengenal antara sesama alumni. Apalagi alumni dari Fakultas IBA ini sudah menyeluruh hingga ke pemerintahan dan aparatur penegak hukum, kami berharap dengan adanya pertemuan ini dapat meningkatkan silaturahmi diantara sesama alumni,”aku Benny, pada media newshanters.com, di Aula UIBA Palembang, Sabtu (25/09/21).

Disoal mengenai program apa yang akan disusun kedepan, menurut Benny Moerdani, untuk program sedang disusun seperti mengaktifkan kembali struktur alumni Fakultas Hukum IBA.

“Kedepannya Advokad alumni juga akan membentuk kerja sama dengan Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) yang ada didalam Universitas IBA dari LKBH itu akan membantu bagi seluruh alumni yang ada permasalahan hukum untuk berkonsultasi hukum dan langsung bisa ke Advokad alumni,”jelasnya.

Ditambahkan Benny, alumni yang hadir pada reuni ini, ada dari anggota Kepolisian dari Kejaksaan kebanyakan dari Advokad dan Notaris, sedangkan ada Alumni yang masih ditunggu kehadiran yakni Bupati Banyuasin Askolani. “Informasi terakhir yang diberikan protokol beliau, mengatakan bahwa bapak Bupati Askolani masih dalam perjalanan. Dan agak terlambat hadir, tapi tetap hadir disini,”jelas Benny.

Sementara itu, Ketua IKA FH UIBA, Jhoni SH MH mengatakan, dengan terselenggaranya acara tersebut berharap lebih terjalin lagi silaturahmi yang selama ini dianggap kurang dekat.

“Kita akan mempererat kembali tali silaturahmi yang akan kita bangun. Seperti yang dibilang saudara Benny kita akan mengajak para alumni yang berofesi di bidang Advokad untuk bergabung. Dan mengaktifkan kembali LKBH dan hal ini tidak menutup kemungkinan berlaku juga bagi masyarakat umum yang butuh bantuan hukum,”tandasnya. (Sya)

About Syarif Umar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Laga Persahabatan, Tim PWI Bersama Pemkab Pelalawan Bantai Tim Pemcam Pangkalan Kuras 2-0

PELALAWAN, NEWSHANTER.COM – Pertandingan persahabatan antara PWI Pelalawan bersama Pemkab Pelalawan, diperkuat ...