Home / Ekonomi Bisnis / Beberapa Klaster Ikuti Bazaar Klaster MANTRIKU, Ini Disampaikan Dari BRI Pimwil Palembang

Beberapa Klaster Ikuti Bazaar Klaster MANTRIKU, Ini Disampaikan Dari BRI Pimwil Palembang

Palembang, newshanter.com – Salah satu perusahaan perbankan yang berada dibawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perusahaan Terbatas (PT) Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Kantor Wilayah (Kanwil) Palembang hari ini melaksanakan kegiatan Bazaar Klaster MANTRI untuk Brilian Sahabat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dimana kegiatan ini dihadiri oleh CEO/Pimpinan Wilayah BRI Regional Palembang Anto Ariyanto, Regional Micro Banking Head BRI Respandi Novianto, Manager Ultra Micro Bussiness and Social Enterprenuership and Incubation BRI Kanwil Palembang Joko Sriyanto, dan undangan lainnya. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan dihalaman Kantor Wilayah PT BRI Regional Palembang, Jumat (12/11/2021).

Dikatakan hari ini CEO BRI Regional Wilayah Palembang Anto Riyanto melakukan kegiatan Bazaar Klaster MANTRIKU, tujuan itu sebenarnya lebih untuk mengenalkan produk-produk UMKM binaan teman-teman MANTRI didesa-desa, didaerah-daerah untuk dikenalkan kepada masyarakat umum.

“Selama inikan untuk dimicro khususnya ada istilah #pulang kerumah, artinya BRI kembali kepada kitahnya, yang kemarin sempat bergeser, sekarang kita kembali dari kitahnya,” ujarnya.

Kemudian, kitahnya adalah 80 persen kita melayani UMKM saat ini, ini sudah kembali, dimana sebelum-belumnya masih dibawah itu.

Kembali kerumah itu bukan berarti pulang ke rumah masing-masing, tapi pulangnya ke rumah BRI, rumahnya BRI itu yakni didesa-desa, pasar, dan didusun-dusun.

“Karena tujuannya membina membina UMKM. Ternyata berdasarkan data yang ada, kurang lebih se Indonesia sekitar 15 juta pelaku UMKM kita yang belum tersentuh oleh layanan perbankan atau keuangan apapun,” ungkapnya.

Masih menurutnya, dan yang membuat kita kaget ada 8 juta itu malah dilayani oleh pihak lain, itu yang membahayakan, makanya BRI kembali lagi kitahnya untuk pulang kerumahnya tadi, yaitu kembali kedesa-desa.

Dimana sekarang setiap satu MANTRI BRI itu pegang wilayah desa, bukan berarti satu desa, bisa jadi beberapa desa.

“Dan dia disana tidak hanya melayani masyarakat disana, tetapi juga sebagai financial advisory, sebagai penasehat keuangan disana,” katanya.

Lanjutnya, dia tidak hanya mencari nasabah-nasabah yang sudah jadi, tapi juga membentuk klaster-klaster usaha.

Sebagai contoh petani nanas, yang mana selama ini ambil buahnya terus jual, maka tidak ada nilai tambah disana. MANTRI kita selain menjadi financial advisory, tetapi juga mereka mengajarkan bagaimana cara mengelolah nanas itu bisa jadi kripik, nanas goreng, jus, dan sebagainya.

“Dan siapa yang mengerjakan itu semua ya dari masyarakat yang ada disana tentunya,”bebernya.

Masih disampaikannya, kita kerjasama dengan dinas disana, kerjasama dengan aparat desa disana, kecamatan, pokoknya lengkap kita datangkan.

Bahkan ada beberapa nasabah kita yang memang sudah mengelola itu, kita datangkan untuk mengajari mereka untuk mengelola nanas itu, setelah itu mereka bisa menambah nilai.

“Dimana memberi nilai tambah terhadap produknya. Misalnya mereka ada masalah pada packingnya, membuat packing, dan sebagainya, itu kita bantu dengan bekerjasama dengan dinas setempat,” jelasnya.

Ditambahkannya, adapun peserta bazaar klaster kali adalah klaster jamu bintara binaan BRI Unit M Isa, klaster kopi doesoen binaan BRI kantor cabang A Rivai, klaster nanas binaan BRI kantor cabang Abunjani Sipin, klaster hydroponik center binaan BRI kantor anak cabang Sekayu.

Selain itu ada juga dari klaster kampung kreatif kampung sayur cempako binaan Unit Ilir Barat II, klaster sapi (penggemukan sapi) binaan BRI kantor cabang sriwijaya, klaster tempe binaan BRI Unit Celentang, klaster tahu dan tempe binaan BRI Unit Lingkaran, klaster kemplang binaan BRI Unit Simpang Pebem, klaster pempek 26 Ilir binaan BRI Unit Merdeka.(ton)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Antisipasi Lakalantas, Polsek Pangkalan Kuras Lakukan Pangamanan Lalulintas

PELALAWAN, NEWSHANTER.COM – Unit Lantas Polsek Pangkalan Kuras jajaran Polres Pelalawan kembali ...