Home / Kota Palembang / Bank Sumsel Babel Launching Aplikasi QRIS Bersama UPTB Samsat Palembang IV

Bank Sumsel Babel Launching Aplikasi QRIS Bersama UPTB Samsat Palembang IV

Palembang,newshanter.com – Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) samsat Palembang IV yang berada dikawasan Komplek Basilica Palembang, dimana hari ini bekerjasama dengan Bank Sumatera Selatan Bangka Belitung (SumselBabel) melaksanakan kegiatan sosialisasi dan lauunching pembayaran pajak kendaraan dengan menggunakan aplikasi ilmu teknologi agar mempermudah dalam proses pembayaran tanpa menggunakan uang tunai.

Aplikasi tersebut merupakan aplikasi QRIS dan EDC. Dimana dengan QRiS ini maka Wajib Pajak kendaraan tinggal men scan barcode tersebut untuk pembayarannya, demikian diutarakan oleh Kepala UPTB Samsat Palembang IV  Dirga Karenza saat ditemui usai kegiatan.

Dikatakan Derga, harapan kita dengan adanya aplikasi pembayaran ini adalah agar wajib pajaknya tidak terlalu banyak yang menumpuk, tidak terlalu lama mengantri, dan angkanya lebih akurat. Untuk tahun itu mungkin sampai bulan ini sudah sekitar di 70 ribuan, pada tahun lalu yakni di tahun 2020 sampai akhir tahun yakni 88 ribu wajib pajak yang bayar disini, ujarnya.

Kemudian, untuk penunggak kita alhamdulillah tidak ada, soalnya Samsat Palembang IV ini berdiri pada tahun 2020 bulan 3. Jadi target yang diberikan itu sudah melewati, jadi tidak ada yang menunggak, itu kalau dari sisi targetnya dari di Samsat Palembang IV. Untuk PKB dan BBNKB itu tertinggi, alhamdulillah untuk di Sumatera Selatan (Sumsel) di Samsat Palembang IV paling tinggi untuk pencapaiannya, ungkapnya.

Masih menurutnya, sehingga petugas tidak perlu susah lagi menghitung uang tunai dari pembayaran wajib pajak. Dan layanan EDC dan Qris ini tidak dikenakan biaya administrasi alias gratis. Saya menggambarkan pembayaran pajak seperti semudah konsumen bertransaksi membeli baju dan kebutuhan lainnya di mall atau tempat belanja modern lainnya, itu saking mudahnya, katanya.

Menurut Direktur Kepatuhan Bank Sumsel Babel Oktiandi, alhamdulillah pagi tadi yang diprakasai oleh Kepala UPTB Samsat Palembang IV melaunching layanan permasyarakat untuk wajib pajak terutama kendaraan melalui salah satunya adalah QRIS. Ini secara nasional memang kita ketahui bahwa transaksi-transaksi untuk masyarakat sudah semakin berkembang dan diarahkan non tunai, bebernya.

Lanjutnya, untuk non tunai itu salah satunya mempermudahkan lagi masyarakat yakni berupa bentuk QRIS ini. Untuk QRIS ini sudah standar nasional, dan ini bisa digunakan kapan saja. Alhamdulillah pada hari ini dimulai dari Samsat Palembang IV memulai terutama di provinsi Sumsel untuk melaksanakan transaksi melalui QRIS. Untuk QRIS ini sendiri sudah bisa digunakan oleh aplikasi apa saja, termasuk disana ada gopay, ovo, termasuk juga aplikasi mobile banking bank-bank dipersilahkan, jelasnya.

Ditambahkannya, sehingga masyarakat tidak lagi artinya harus menggunakan uang tunai, yang selama ini dilakukan. Jadi betul-betul memberikan kemudahan dan kenyamanan terhadap masyarakat. Sesuai arahan dari Gubernur Sumsel, memang sebagaimana kita rasakan saat ini, semua transaksi-transaksi sudah ke non tunai, tegasnya.(ton)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Tim Kalong Unit Reskrim Polsek Rawas Ilir Tangkap Spesialis Curat

Muratara, newshanter.com – Tim Kalong unit Reskrim Polsek Rawas Ilir menangkap BS ...