Home / SUMSEL / Bangun Semangat UKS Dengan Pelatihan Dokter Kecil

Bangun Semangat UKS Dengan Pelatihan Dokter Kecil

MUBA, NEWS HANTER.COMPemerintah Kecamatan Plakat Tinggi bekerja sama dengan UPTD Dikbud dan KUA Kecamatan Plakat Tinggi serta Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin melalui Puskesmas Cinta Karya menggelar Diklat Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Dokter Kecil Tingkat Sekolah Dasar wilayah Gugus IV di SDN 1 Air Putih Ulu, Rabu (25/02/2015).
Kepala Puskesmas Cinta Karya dr Ahmad Khoirul Anwar mengatakan Program Dokter Kecil merupakan upaya pendekatan edukatif dalam rangka mewujudkan perilaku hidup sehat dan lingkungan sehat. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta membangun sikap positif peserta didik dalam pelaksanaan upaya program UKS. Melalui kegiatan ini diharapkan dokter kecil dapat lebih berperan aktif dalam membantu pelaksanaan kegiatan UKS di sekolah masing-masing.
Lanjutnya, untuk lulus sebagai dokter kecil para peserta harus memenuhi nilai passing grade yang telah ditentukan yakni diatas rata-rata nilai seluruh peserta atau lebih dari 60 dari total keseluruhan nilai, nilai sikap dan perilaku memiliki bobot dua kali lebih besar dibanding yang lain.
Dalam laporannya ketua pelaksana Sutrisno, S.Pd menyampaikan kegiatan diklat UKS dan Dokter Kecil diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari 17 perempuan dan 13 laki-laki yang berasal dari enam SD/MI di Kecamatan Plakat Tinggi, yakni SDN 1 Air Putih Ulu, SDN 2 Air Putih Ulu, SDN Sialang Agung, SDN Air Putih Ilir, SDN Cinta Karya dan MI Miftahul Huda.
“Tujuan dilaksanakan Diklat ini untuk memberikan pedidikan sedini mungkin kepada calon dokter kecil, sehingga diharapkan para peserta dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, menjadi pelopor atau pahlawan kesehatan di sekolahnya dan bisa menjaga kesehatan diri sendiri juga mengajak teman-teman, keluarga dan masyarakat sekitarnya untuk hidup sehat,” ungkapnya.
Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 24 sampai 26 Februari ini para siswa diberikan pembekalan pengetahuan tentang pengenalan UKS di sekolah dasar, tanaman obat keluarga, pengobatan sederhana, gizi anak sekolah, P3K, P3P, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), juga kesehatan panca indera. Pada diklat ini tidak hanya diberikan secara teori namun setiap materi diberikan contoh kasus dan praktikum untuk lebih menguatkan daya penerimaan materi bagi para calon dokter kecil.(Heri Chaniago)
Caption Foto: Suasana kegiatan Diklat UKS dan Dokter Kecil Tingkat Sekolah Dasar wilayah Gugus IV di SDN 1 Air Putih Ulu
-Foto bersama Narasumber dan peserta Diklat UKS dan Dokter Kecil Tingkat Sekolah Dasar wilayah Gugus IV di SDN 1 Air Putih Ulu

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Satgas Preemtif Ops Bina Waspada Musi 2021 Sambangi Ponpes SMB

Palembang, newshanter.com – Kegiatan sambang dan silaturahmi terus dilaksanakan oleh Satgas Preemtif ...