Home / Internasional / Babak Baru Eskalasi Ketegangan Sengketa Laut China Selatan
Sumber Photo dari Google.com

Babak Baru Eskalasi Ketegangan Sengketa Laut China Selatan

Malaysia –Neshanter.com,- Kunjungan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ashton Baldwin “Ash” Carter ke kapal induk USS Theodore Roosevelt menuju Laut China Selatan bersama Menteri Pertahanan Malaysia Dato’ Seri ishammuddin Tun Hussein . memancing eskalasi  ketegangan sengketa Laut China Selatan .Pihak China menyebutnya aksi tersebut  sebagai Provokasi terang-terangan  , setelah pada minggu lalu kapal perang AS, USS Lassen telah bermanuver di wilayah yang berjarak 12 mil laut dari pulau buatan China di Kepulauan Spratly. Manuver itu sudah membuat China mengeluarkan peringatan keras. Tapi, peringatan Beijing itu telah diabaikan Washington.

Aksi MenHan Carter yang berlangsung Kamis kemarin ( 5/11/2015) , mengabaikan peringatan keras dari China dan menganggap China sebagai sumper permasalahan di sekitar Laut China Selatan, ”Jika yang dicatat hari ini dengan cara yang khusus, itu karena ketegangan di bagian dunia, sebagian besar timbul dari sengketa pulau di Laut China Selatan,” katanya, seperti dikutip Associated Press, Jumat (6/11/2015).

Pada kesempatan itu Carter mengkritik proyek konstruksi Beijing di atas pulau-pulau buatan di Kepulauan Spratly. AS menuduh China menggunakan pulau-pulau buatan itu untuk melegitimasi klaim teritorial di wilayah tersebut dan berpotensi untuk mendirikan zona pertahanan militer.

Pada September bulan lalu , Carter sudah menegaskan akan terus patroli di Laut China Selatan sebagai bagian dari penegakan kebebasan navigasi karena wilayah itu merupakan wilayah internasional. ”Amerika Serikat akan terbang, berlayar, dan beroperasi di manapun hukum internasional memungkinkan,”

Sedangkan Juru Bicara Kementrian Luar Negeri China Hua Chunying menanggapi ”(AS) bersikeras kapal yang melintasi perairan dekat pulau-pulau milik China untuk menunjukkan kekuatannya dengan dalih kebebasan navigasi. Ini adalah provokasi terang-terangan,”

Sengketa laut China Selatan ini juga melibatkan beberapa Negara ASEAN seperti Malaysia,Brunei ,Filipina di karenakan klaim sepihak China terhadap hampir 90 persen dari kawanan Laut China Selatan * (terlihat pada gambar infographic)

1610253p

(sumber gambar infographic ,Google.com)

 

About BM NHO

Lebih dari 10 tahun bekerja di beberapa media broadcast televisi, pengajar di PUSDIKLAT TVRI Pusat. reporter dan perwakilan NHO untuk daerah JABODETABEK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

MUI Sumsel Tetap Anjurkan Sholat Ied Dengan Terapkan Protokes

Palembang,newshanter.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatra Selatan (Sumsel) Mengeluarkan Maklumat MUI ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 05-01-2021 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2021 12:00 am UTC