Home / Kota Palembang / Aplikasi GIWANG Mempermudah Dunia Pariwisata, Tahun 2023 Seluruh Infrastruktur Selesai

Aplikasi GIWANG Mempermudah Dunia Pariwisata, Tahun 2023 Seluruh Infrastruktur Selesai

Palembang,newshanter.com – Badan Pengurus Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sekaligus dari Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) memberikan keterangan terkait hari ulang tahun pariwisata dunia dan kondisi terakhir tentang perekonomian diprovinsi Sumsel, itu diungkapkan oleh Ketua BPD PHRI Sumsel Herlan Asfiudin saat ngobrol santai dengan rekan media di Batiqa Hotel Palembang, Senin (27/9/2021).

Dikatakan Herlan, wisata yang ada di provinsi Sumsel saat ini kita tidak lagi menggunakan cara tradisional untuk mempromosikannya, tetapi kita memakai Ilmu Teknologi (IT), jadi sekarang pemerintah sudah membuat yang namanya aplikasi GIWANG.

Dimana dalam aplikasi tersebut, sudah memuat seluruh informasi unsur pariwisata didalamnya, misalnya kita ke kota Prabumulih, mau chat mengetahui informasi hotel, maka semua informasinya sudah ada didalamnya, ujarnya.

Kemudian, aplikasi GIWANG itu kepanjangan dari Genta Informasi Wisata Andalan yang Nyaman dan Gempita. Dengan aplikasi ini juga tersedia tempat makan, dan juga dilengkapi google maps didalamnya.

Sehingga para wisatawan atau pengunjung yang akan ke Sumsel jangan khawatir lagi, karena mereka akan dituntun oleh google maps, jadi tidak perlu bertanya lagi dengan orang, semuanya lengkap disana, ungkapnya.

Masih menurutnya, bahkan detail sekali termasuk harga makanan yang ada direstauran disuatu daerah, sehingga para wisatawan atau para pengunjung bisa mengukur pengeluarannya, dan ini akan terus kita mulai menggalakkan kembali aplikasi GIWANG ini ke 17 kabupaten/kota. Kalau tidak demikian maka kita tidak akan maju-maju.

Kita ditunjuk sebagai Tenaga Khusus Pariwisata dan Ketua MASATA adalah untuk membuka pariwisata sebesar-besarnya, katanya.

Lanjutnya, tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk kesejahteraan masyarakat. Dimana hari ini tanggal 27 September 2021 ini kita memperingati Hari Pariwisata Dunia, dimana seluruh stakeholder terlibat didalamnya, yakni Pentahelix.

Pentahelix itu terdiri dari Pemerintah, Pengusaha, Akademisi, Komunitas, dan media. Kalau kita tidak promosi maka kita akan ketinggalan, karena saat ini kita sedang persiapan untuk infrastruktur untuk mempelancarnya, bebernya.

Masih disampaikannya, karena pada tahun 2023 infrastruktur akan selesai untuk diprovinsi Sumsel, dimana seluruh jalan tol akan selesai.

Karena dengan adanya jalan tol akan memangkas waktu agar lebih singkat dari biasanya, sehingga para pengunjung akan banyak keluar masuk ke kota ini.

Jadi ini sangat luar biasa dampak ekonominya untuk dunia pariwisata. Dengan terbukanya akses jalan tol ini, maka pariwisata tidak terlepas dari tiga A, yakni Access, Accept, dan Atracion, jelasnya.

Ditambahkannya, kita selalu berkoordinasi dengan TNI/Polri serta stakeholder lainnya, kita jaga sama-sama kondusifitas iklim di provinsi Sumsel kalau kita ingin maju.

Hotel dan restauran saat ini sudah mulai menggeliat untuk pertumbuhannya, apalagi saat ini dikota Palembang untuk pandemi Covid-19 ini sudah mulai kondusif, dan untuk levelnya sudah mulai turun, tapi tetap kita himbau dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), itu kalau kita ingin maju, tegasnya. (ton)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Antisipasi Lakalantas, Polsek Pangkalan Kuras Lakukan Pangamanan Lalulintas

PELALAWAN, NEWSHANTER.COM – Unit Lantas Polsek Pangkalan Kuras jajaran Polres Pelalawan kembali ...