Home / breaking / Alfrenzi Panggarbesi Dorong Pagaralam Bentuk Forum DAS Selamatkan Ekosistem Sungai

Alfrenzi Panggarbesi Dorong Pagaralam Bentuk Forum DAS Selamatkan Ekosistem Sungai

PAGARALAM -NEWSHANTER.COM. Wakil Rakyat Provinsi Sumsel Dapil VII H Alfrenzi Panggarbesi yang akrap dipanggil ojie , mendorong Pemkot Pagaralam membentuk forum Daerah Aliran Sungai (DAS).

Hal ini sebagai upaya pelestarian sekaligus menjaga ekosistem aliran sungai yang di Kota Pagaralam.Forum ini nantinya akan menjadi mitra pemkot Pagaralam untuk mengelola, menjaga, dan mengawasi kawasan DAS.

Nantinya forum ini akan diisi para akademisi, pejabat teknis, tokoh masyarakat, aktivis penggiat lingkungan, dan pecinta lingkungan hidup. Demikian dikatakan Ojie pada pertemuan dengan sejumlah OPD di Kota Pagaralam, Senin (27/1/2020) lalu.

Forum DAS dinlai penting dibentuk di Kota Pagaralam, pasalnya di Pagaralam banyak sekali kawasan DAS yang mulai beralih menjadi permukiman.

Namun hal tersebut tetap bisa menjadi perhatian khusus forum ini agar bisa tetap menjaga ekosistem di kawasan DAS.

Anggota DPRD Provinsi Sumsel H Alfrenzi Panggarbesi mengatakan, pihaknya sangat mendorong agar Pemkot Pagaralam bisa segera membentuk Forum DAS.

“Forum DAS ini dinilai sangat penting dibentuk di Kota Pagaralam.

Pasalnya Pagaralam banyak memiliki DAS, baik yang ada di kawasan hutan bahkan di kawasan perkortaan,” ujarnya.

Forum DAS ini nantinya akan mengawasi kawasan DAS agar tidak dirusak. Pasalnya jika kawasan DAS dirusak maka akan ada ekosistem dikawasan tersebut yang akan rusak.

“Jika DAS tidak dikelola dan diawasi secara intensif maka dikhawatirkan akan rusak.

Pasalnya kemajuan pembangunan bisa mengancam kawasan DAS itu sendiri,” katanya saat pertemuan dengan sejumlah OPD di Kota Pagaralam.

Namun bagi kawasan DAS yang memang sudah beralih fungsi menjadi kawasan permukiman maka bentuk pengawasan juga berbeda.Yaitu dengan cara mengawasi agar sungai yang ada di kawasan tersebut jangan dicemari atau menjadi tempat pembuangan sampah.

Sementara Itu Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni sangat mensetujui pembantukan Forum DAS di Kota Pagaralam.Pasalnya jika forum tersebut terbentuk maka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pagaralam akan terbantu dalam tugas pengawasan kawasan DAS itu sendiri.(*)

About ZP NHO

Selalu Siap dalam bentuk apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Kapolda Sumsel Terima Audiensi PWNU

Palembang,newshanter.com – Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Toni Harmanto, M.H. menerima audiensi ...