Home / Kota Palembang / Akibat Tingginya Standar Nilai Passing Grade, Kuota Seleksi P3K Tidak Terpenuhi

Akibat Tingginya Standar Nilai Passing Grade, Kuota Seleksi P3K Tidak Terpenuhi

Palembang,newshanter.com – Alih-alih ingin mengurangi jumlah guru honorer di kota Palembang, akibat tingginya standar nilai passing grade (PG) untuk seleksi P3K dari kuota yang disediakan tidak terpenuhi tahun ini.

Akibatnya gara gara PG yang begitu tinggi, banyak dari itu guru guru honorer yang tidak lulus, bahkan dari kuota yang disediakan saja tidak terpenuhi 100 persen.

Ahmad Zulinto kepala dinas pendidikan kota Palembang, mengakui dominasi guru honorer paling banyak berusia 35 tahun yang menjadi peserta.

“Ini menjadi keluhan para honorer. Peserta tes P3K banyak tidak lulus PG dan otomatis langsung tidak lulus, otomatis kuota P3K sekitar 500 orang itu tidak terpenuhi,” katanya, Selasa (26/10/2021).

Sedangkan kebutuhan guru honorer di kota Palembang saat ini sekitar 4.000 pengajar. Jika kuota P3K terpenuhi 500 orang, artinya tersisa 3.500 lagi kebutuhan guru.

Selain memenuhi kebutuhan guru juga untuk menurunkan jumlah honorer dan menjadi lebih terjamin jika menjadi P3K, katanya.

Zulinto mengatakan, banyaknya kuota P3K awalnya untuk mengurangi jumlah honorer di Kota Palembang. Namun, dengan banyaknya yang tidak lulus, tujuan tersebut tidak tercapai.

“Sebelumnya kita sudah koordinasi untuk meningkatkan apirmasi untuk usia ditingkatkan, berhasil, tapi untuk PG tidak bisa,” katanya.

Terlepas dari itu, Zulinto meminta para guru untuk meningkatkan kemampuannya agar bisa lulus saat ada tes. Sebab guru dituntut untuk memiliki nilai kognitif yang tinggi.

“Banyak guru yang pensiun setiap tahun, belum. Guru honorer inilah yang membantu pembelajaran di sekolah di tengah kekurangan guru saat ini,” katanya. (derla)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

106 Tersangka Narkoba Ditangkap dalam Operasi Antik Musi 2021 di Sumsel

Palembang, newshanter.com – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel dan jajaran berhasil menangkap ...