Home / TNI / Ketua KKM Pamsimas ‘Ogan Jaya’ Harapkan Masyarakat Dapat Menjaga dan Merawat Bantuan

Ketua KKM Pamsimas ‘Ogan Jaya’ Harapkan Masyarakat Dapat Menjaga dan Merawat Bantuan

WAY KANAN, Newshanter.com –
Ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) ” Ogan Jaya” Kampung Way Mencar, Kecamatan Way Tuba, beserta masyarakat merasa senang, mendapatkan bantuan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun 2020.

Rasa senang itu serta ucapan terima kasih itu disampaikan oleh
Arsan Tami sebagai Ketua KKM “Ogan Jaya,” yang mewakili Kepala Kampung Way Mencar Irawan Hamdi. Saat ditemui Sabtu, 21/11/2020. Sekitar pukul 10:00 Wib. Di lokasi Pamsimas tersebut.

Sebagai Ketua KKM. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Daerah, melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Way Kanan, yang dalam hal ini sebagai panjangan tangan Pemerintah, telah memberikan bantuan Pamsimas di Kampung Way Mencar. Terang nya.

Rasa syukur atas diberikan bantuan itu pun membuat masyarakat penerima manfaat bantuan serta pekerja semakin mengutamakan mutu dan kwalitas dapat lebih baik. Kata Ketua KKM Ogan Jaya.

Masih kata Arsan Tami, karena Pamsimas merupakan bantuan berupa penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat, maka sudah jelas bahwa mulai dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan sampai pengelolaaan harus melibatkan masyarakat, jelasnya.

Untuk menjaga transparansi saat kegiatan berlangsung, pihak nya pun sering melakukan pertemuan dan mengundang atau melibatkan masyarakat.

Arsan Tami juga memaparkan pagu anggaran Pamsimas sebesar Rp 350 juta. Dengan rincian penggunaan dana sebagai berikut. Sumber dana APBN sebesar Rp 245.000.000. Sharing APBK sebesar Rp 35.000.000, dan In -Kind (swadaya) Rp 56.000.000, serta In Cash (tunai) Rp 14.000.000. Sehingga total pagu anggaran sebesar Rp 350.000.000.

Yang mana kegiatan nya meliputi pekerjaan, Box Valve, Bak Saring, perpipaan, pekerjaan jamban dan TCT SD. Umum, pelatihan tekhnik, pelatihan barang dan jasa.

Tidak hanya itu saja, termasuk pelatihan administrasi, pelatihan BPSPAM, pelatihan ditabilitas, pelatihan PHBS di masyarakat, pelatihan di sekolah, promosi kesehatan di masyarakat dan sekolah, biaya operasional. Papar nya.

Meskipun hingga saat ini pekerjaaan Pamsimas, baru mencapai 80 persen, namun masyarakat telah merasa senang. Semoga dalam waktu dekat ini pekerjaan nya sudah terselesaikan hingga 100 persen. Harapnya.

Semoga nanti nya, bantuan Pamsimas dapat bermanfaat bagi masyarakat, tetapi dia (Arsan Tami) berharap agar masyarakat dapat selalu menjaga dan merawat Pamsimas tersebut. Tutup nya.

(Dam/Indra)

About Damiri NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

Babinsa Koramil 0801/10 Punung Karya Bhakti Pasca Longsor Batu.

Pacitan – Intensitas curah hujan yang tinggi diwilayah kabupaten Pacitan membuat beberapa ...

0 pengunjung sedang aktif sekarang
0 tamu, 0 anggota
Semua waktu: 343 pada 10-23-2015 02:12 am UTC
Maks pengunjung hari ini: 0 pada 12:00 am UTC
Bulan ini: 0 pada 01-01-2021 12:00 am UTC
Tahun ini: 0 pada 01-01-2021 12:00 am UTC