Home / breaking / Gubernur Sumsel Launcing Anjungan Bansos Sriwijaya

Gubernur Sumsel Launcing Anjungan Bansos Sriwijaya

Palembang,newshanter.com –  Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru Melauncing Aplikasi Anjungan Bantuan Sosial (bansos) Sriwijaya di Griya Agung, Sabtu (24/10/2020).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan Mirwansyah, mengatakan bahwa aplikasi ini adalah pemuktahiran data warga penerima bantuan belum diperbarui dalam waktu yang lama. Anjungan BANSOS Sriwijaya ini menjadi acuan untuk itu diperlukan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) menghindari penerima bantuan ganda, orang miskin baru dan orang yang memang berhak menerima bantuan.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengatakan, anjungan bansos Sriwijaya ini adalah pusat data bagi sasaran bansos bagi berbagai item bansos baik bansos beras ataupun yang bersumber APBD, APBN, provinsi, kabupaten juga yang bersumber APBDES.

“ini adalah cara kita untuk membuat data penyaluran yang benar dengan adanya aplikasi. Aplikasi ini secara transparan dapat dilihat masyarakat juga yang akan menjadi petugas intelijennya. Kalau ada data yang tidak tepat atau sasaran yang berahli tempat ataupun sasaran yang sudah meninggal atau ini sudah tidak layak dari data awal dia sudah menjadi keluarga yang mampu tentu menjadi tidak layak untuk menerima bantuan,” ujarnya.

Semua pimpinan punya daskboardnya yakni gubernur, profopinda provinsi juga DPR nya kita akan beri untuk mengakses perjalan dari update data ini sampai dengan tingkat kelurahan dan desa apa lagi bupati dan walikota. Ini baru 2 di Indonesia satu di provinsi Riau dengan Mata Bansos dan di Sumsel dengan Anjungan Bansos sriwijaya, tutupnya.

Ditempat terpisah Walikota Palembang H. Harnojoyo mengatakan, kami sangat berterimakasih dengan launcing aplikasi Anjungan Bansos Sriwijaya ini untuk memudahkan. Selama ini bansos kita ditengah-tengah masyarakat sering tidak tepat sasaran. Mudah-mudahan dengan ada Anjungan Bansos Sriwijaya ini nanti ada kontrol sosial ditengah-tengah masyrakat sehingga harapan kita akan betul-betul akan tepat sasaran. intinya kami sangat menyambut baik, program ini sangat apresiasi.

Sementara itu Pjs Bupati Ogan Ilir Aufa Syahrizal mengatakan, launcing dari Anjungan Bansos Sriwijaya ini sebuah ide yang cemerlang dari Gubernur Sumsel.Kita dari Kabupaten kota wajib mendukung karena ini merupakan suatu aplikasi untuk memuat kevalidan data, selama ini data tidak valid dan simpang siur.

“Dengan adanya Anjngan Bansos ini saya yakin data ini akan valid karena akan up to date, datanya akan update. Saya sudah pelajari dan saya akan panggil kepala kominfo, kepala Disdukcapil, kepala Dinsos, mereka bertiga ini yang bertanggung jawab atas data di OI supaya lebih valid,” ujarnya.

“Dengan adanya aplikasi ini jangan sampai ada double bantuan, supaya datanya jelas misalnya orangnya tidak ada lagi tapi masih bisa menerima bantuan. Konon katanya orang yang mendapatkan bantuan orang itu-itu saja dan saudara terdekat jadi dengan adanya aplikasi ini tidak bisa lagi. Saya berharap dengan adanya aplikasi ini tentunya tidak akan lagi terjadinya kesalahan data kemudian bansos yang diberikan tepat sasaran,” pungkasnya. (vina)

About Redaksi NHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Berita Lain

RAPBD TA 2021 Sumsel Ditetapkan Senilai Rp 10,8 Triliun

Palembang,newshanter.com – DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar rapat paripurna dengan agenda ...